Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Tinggi Ideal Plafon Rumah? Begini Cara Menghitungnya!

Kompas.com - 20/10/2022, 18:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tahukah Anda, hunian dengan langit-langit atau plafon tinggi memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan plafon rendah atau standar?

Rata-rata rumah di Indonesia memiliki jarak antara lantai dan plafon setinggi 2,8–3,2 meter, sedangkan rumah di negara empat musim umumnya memiliki jarak setinggi 2,4–2,5 meter.

Angka ini lebih besar karena adanya perbedaan iklim antara Indonesia dan negara-negara empat musim lainnya.

Plafon rendah dapat menangkap panas dalam ruangan lebih mudah ketika musim dingin sehingga dapat menghemat energi, sedangkan Indonesia membutuhkan hal sebaliknya.

Baca juga: 3 Desain Plafon Rumah Minimalis yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

Umumnya, ruangan-ruangan besar yang digunakan untuk menampung banyak orang seperti ruang tamu dan keluarga memiliki langit-langit yang lebih tinggi hingga 3 meter. Ruangan yang lebih privat seperti kamar tidur memiliki langit-langit setinggi 2,4 meter.

Untuk mendapat bentuk ruangan yang ideal, kamu juga bisa menggunakan rumus untuk menghitung tinggi plafon. Tinggi plafon yang ideal dapat didapatkan dengan menambahkan panjang dan lebar ruangan, lalu dibagi dua.

Contoh, Anda memiliki ruangan dengan panjang 2 dan lebar 4 meter. Jika dihitung menggunakan rumus, maka (2+4):2 adalah 3, jadi tinggi plafon ideal untuk ruangan ini adalah 3 meter.

Meski begitu, bukan berarti setiap ruangan memerlukan tinggi plafon yang berbeda. Kamu bisa meratakannya di angka 2,8–3 meter. Jika menginginkan ruangan dengan langit-langit yang tinggi, kamu bisa menerapkan konsep loft di ruang keluarga.

Desain dengan langit-langit yang tinggi ini juga memiliki manfaat lainnya, seperti:

1. Rumah menjadi terlihat lebih mewah

Rumah mewah umumnya memiliki langit-langit rumah yang cukup tinggi. Dengan plafon yang tinggi, rumah akan menjadi terlihat lebih besar dan megah.

2. Intensitas cahaya alami lebih banyak

Biasanya ruangan dengan langit-langit yang tinggi akan memiliki jendela-jendela besar. Tidak jarang jendela ini akan berukuran penuh dari lantai hingga langit rumah.

Dengan begitu, akan semakin banyak cahaya alami yang dapat masuk menerangi seisi rumah dan meningkatkan kesan hidup.

3. Terlihat lebih luas dan lapang

Karena langit-langit ruangan tidak tertangkap dalam pandangan mata, ruangan akan terlihat lebih besar dan luas dari yang seharusnya. Belum lagi jika ditambah dengan aksesoris tembok yang besar untuk mengisi kekosongan dinding.

4. Sirkulasi udara yang lebih baik

Hunian dengan plafon yang tinggi memiliki ruang udara yang lebih banyak sehingga membuat udara yang berputar di dalam ruangan juga lebih banyak. Hal inilah yang membuat ruangan terasa lebih dingin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com