Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Starbucks Resmi Punya 500 Gerai di Indonesia

Kompas.com - 29/08/2022, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Brand minuman kopi ternama di dunia, Starbucks resmi membuka gerai Starbucks ke-500 di Indonesia.

Pembukaan gerai ke-500 ini juga sekaligus menandai eksistensi Starbucks di nusantara selama 20 tahun terakhir.

Gerai Starbucks ke-500 tersebut berlokasi di Kuta Utara, Bali dan merupakan lokasi drive-thru Starbucks ke-55 setelah format penjualan tersebut diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2019.

Dengan capaian ini, maka Indonesia telah menjadi pasar terbesar kesepuluh dari jaringan kopi yang berasal dari Seattle, Amerika Serikat. Sejak dibuka di Indonesia pada tahun 2002, Starbucks telah banyak berinvestasi. 

Baca juga: Taman Simalem Resort Ajak Starbucks Berdayakan Petani Kopi di Karo

Starbucks juga memilih Indonesia untuk gerai Starbucks Reserve ke-17 dan membuka Dewata Coffee Sanctuary pada tahun 2019 bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman eksklusif dari biji kopi ke cangkir.

Pusat Pengalaman Kopi baru tersebut dibuka pada awal tahun 2022 untuk memberikan penghormatan kepada warisan kopi Indonesia yang kaya.

Starbucks Indonesia hingga saat ini diketahui telah mengoperasikan gerai di 36 kota dan memiliki lebih dari 4.300 karyawan.

Group President, Starbucks International Michael Conway mengatakan Indonesia telah memainkan peran penting dalam warisan Starbucks sebagai salah satu daerah penghasil kopi terkemuka di dunia hingga saat ini.

“Sejak memasuki pasar 20 tahun yang lalu, Indonesia telah menjadi pasar terbesar ke-10 secara global untuk Starbucks dan kami tetap berkomitmen untuk melayani lebih banyak pelanggan dan komunitas untuk jangka panjang,” kata Michael seperti dikutip dari World Cofee Portal.

Beberapa produsen minuman kopi siap jadi di Indonesia juga telah mengeluarkan banyak dana untuk berinvestasi.

Misalnya brand kopi premium, Kopi Kenangan diketahui telah mengeluarkan dana sebesar Rp 1,4 triliun pada Januari 2022.

Baca juga: Kurangi Sampah Plastik, Starbucks Gunakan Gelas Reuseable

Diketahui, saat ini Kopi Kenangan sudah memiliki lebih dari 600 toko yang tersebar di 45 kota di Indonesia. Ini menjadikannya sebagai brand kopi terkemuka di nusantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com