Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Akar Tanaman Tak Mudah Busuk, Ketahui Kelebihan Jenis-jenis Pot

Kompas.com - 12/06/2022, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Merawat tanaman bukan hanya sekadar menanam dan menyiram. Pasalnya jika tak diperhatikan dengan benar, bisa-bisa akar tanaman mudah membusuk.

Hal utama yang wajib diketahui adalah soal kelebihan jenis-jenis pot. Ada dua jenis pot yang paling umum digunakan, yakni pot plastik dan pot tanah liat. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Dari segi harga, pot tanah liat cenderung lebih mahal karena proses pembuatannya yang tidak mudah.

Selain itu, pot tanah liat juga lebih berat dan memberikan kesan kokoh. Ini cocok untuk tanaman yang diletakkan di luar rumah.

Karena bahan dasarnya, pot tanah liat bisa lebih cepat kering sehingga tanaman tidak perlu disiram lebih sering.

Baca juga: Mengapa Tanaman Palsu Dilarang Ada di Rumah? Nih Pandangan Fengsui

Pot tanah liat memungkinkan pergerakan udara dan air, sehingga dapat mencegah akar busuk dan jamur tanah akibat penyiraman yang berlebihan.

Dan yang paling penting, jika pecah pot tanah liat mudah terurai kembali menjadi komponen aslinya sehingga meminimalkan sampah.

Sebaliknya, pot plastik tidak ramah lingkungan. Apalagi tidak semua daerah menawarkan daur ulang plastik, sehingga pot-pot plastik bekas banyak berakhir di tempat sampah.

Di sisi lain, pot plastik memiliki daya tampungan air yang lebih banyak daripada tanah liat. Ini menjadi pilihan ideal untuk tanaman yang menyukai tanah lembap.

Setelah menyiram tanaman, tanah dalam pot plastik akan tetap lembap untuk waktu yang lebih lama, menjaga lebih banyak air di area akar. Karena itu, pot ini cocok untuk tanaman yang jarang disiram.

Baca juga: Bawa Keberuntungan, Letakkan Tanaman Ini di Dapur Anda

Pot plastik sangat ringan dan ini adalah nilai tambah bagi jika tanaman sering dipindahkan untuk dekorasi maupun karena musim.

Pot plastik memiliki bahan yang lembut, sehingga bisa dengan mudah menambahkan lubang drainase ekstra di bagian bawah.

Pilihan wadah tanaman yang satu ini juga sangat mudah ditemukan dan memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan pot tanah liat.

Sayangnya, plastik dapat menjadi rapuh dan retak seiring waktu, terutama jika pot terkena paparan sinar hari secara terus menerus.

Pot plastik juga sangat rentan untuk terbalik karena beratnya yang ringan. Karenanya, jauhkan pot plastik dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, atau kondisi berangin di luar rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com