Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pariwisata, Ini Deretan Infrastruktur Baru di DPSP Labuan Bajo

Kompas.com - 10/05/2022, 19:50 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mengembangkan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo, pemerintah membangun sejumlah fasilitas pendukung.

Fasilitas-fasilitas baru tersebut ada yang masuk dalam proyek stragtegis nasional (PSN) namun ada juga yang merupakan infrastruktur non PSN.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Pelaksana Komite Percepatan Penyiapan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo menyatakan pembangunan ini sejalan dengan arah pengembangan Labuan Bajo menjadi wisata super premium.

Baca juga: Labuan Bajo Jadi Tuan Rumah AIWW Ke-2, Basuki: Promosi Pariwisata

Karea itu, tidak heran deretan infrastruktur yang dihadirkan juga memiliki jaminan kualitas yang mumpuni.

“Saat ini, ada dua PSN di Labuan Bajo yaitu Terminal Multipurpose Labuan Bajo dan Bandara Komodo,” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi KPPIP.

Terminal Multipurpose Labuan Bajo dengan Pelindo sebagai Penangung Jawab Projek telah selesai dikerjakan dalam mulai beroperasi. Bahkan sementara dilakukan kajian untuk memaksimalkan fungsinya.

Sementara PSN lainnya adalah Bandara Komodo dengan penangung Jawab Kementerian Perhubungan yang saat ini telah beroperasi dan terselesaikan lebih dari 90 persen dengan target penyelesaian pada Mei 2022.

Selanjutnya dukungan infrastruktur Non-PSN yang sedang dikerjakan maupun telah diselesaikan adalah penataan (waterfront) Pelabuhan Labuan Bajo, Pembangunan Pelabuhan penyeberangan di Pulau Kelor, Padar dan Rinca serta pembangunan dermaga pengganti Pelabuhan Labuan Bajo.

Dilakukan juga pembangunan jalan dan utilitas, manajemen lalu lintas dan transportasi publil; pengerjaan ducting utilitas kelistrikan dan telekomunikasi, pengembangan ketersediaan jaringan internet 4G/5G serta pembangunan sarana dan jaringan air bersih.

Baca juga: Sukseskan KTT G20, PLN Operasikan Saluran Kabel Tanah di Labuan Bajo

Kemudian pembangunan PJUTS di Manggarai Barat, pengembangan Kelistrikan di Labuan Bajo; pengelolaan sampah dan IPAL dan peningkatan kelas fasilitas Kesehatan dan peningkatan vaksinasi.

Tentunya pengembangan pariwisata tidak hanya sebatas infrastruktur, tetapi perlu didukung dengan pembangunan kepariwisataan (non struktural) untuk akselerasi ekonomi.

Misalnya pembentukan BLU Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores, pengembangan masyarakat di dalam Taman Nasional Komodo, perbaikan sistem keamanan dan keselamatan, digitalisasi, peningkatan investasi dan pengembangan atraksi wisata.

Ditetapkan pada tahun 2019 sebagai Destinasi Super Prioritas, Labuan Bajo Flores adalah Destinasi wisata yang meliputi 11 kabupaten dan Kawasan Cagar Biosfer Komodo serta wilayah otorita seluas 400 hektar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com