Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin ke Pelabuhan Bakauheni, Pemudik Wajib Masuk Rest Area Km 20B

Kompas.com - 05/05/2022, 14:40 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemudik yang ingin berkendara menuju Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, akan diarahkan masuk ke Rest Area Km 20B Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Iptu Nixson Wilson Wariki menyampaikan hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas (lalin) sekitar Pelabuhan Bakauheni.

"Kapolda memerintahkan agar seluruh kendaraan masuk ke Rest Area Km 20B. Ini merupakan rest area terakhir dan seluruh kendaraan harus memiliki tiket untuk penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni," kata Nixson seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: H-3 Lebaran, 17.790 Kendaraan Masuk Tol Trans-Sumatera via GT Bakauheni Selatan

Karena merupakan rest area terakhir, kata dia, Rest Area Km 20B berperan penting dalam mencegah kepadatan dan kemacetan di sekitar Pelabuhan Bakauheni, terutama saat pembelian tiket penyeberangan maupun kelebihan volume kendaraan.

Oleh karena itu, para petugas di pos pengamanan, baik dari lapisan Polri, TNI, dan tenaga kesehatan bersiaga untuk menghadapi situasi dan mencegah terjadinya kepadatan di wilayah Pelabuhan Bakauheni.

"Petugas kami juga semua sudah siap, baik dari Polri, TNI, maupun tenaga kesehatan. Kalau ada para pemudik ataupun pelaku perjalanan dalam negeri yang akan menyeberang dan belum divaksinasi, kami sudah siapkan di lantai dua," katanya.

Menurut Nixson, Rest Area Km 20B dapat memuat sekitar 250 kendaraan. Jika sudah penuh, kendaraan akan dialihkan ke Rest Area Km 33.

"Kalau kami sudah penuh, baru ke belakang lagi. Ke Rest Area KM 33. Kalau di arteri bagian Timur, itu di Rumah Makan Tiga Bersaudara. Kalau untuk arteri wilayah Barat, mulai dari Rumah Makan Dua Saudara dan Rumah Makan Siang Malam,” tambahnya.

Baca juga: Mudik ke Sumatera, Cek Biaya Penyeberangan Merak-Bakauheni 2022

Hingga siang ini, terpantau wilayah Tol Transsumatera dari arah Bandar Lampung menuju Pelabuhan Bakauheni masih landai dan terkendali.

Pelabuhan Bakauheni merupakan pelabuhan penyeberangan antarpulau dan akan digunakan untuk menyeberang ke Pelabuhan Merak, Cilegon di Pulau Jawa.

Penulis : Putu Indah Savitri -Editor : Kliwon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com