Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Buru-buru Pulang, Mal Kini Buka Sampai Pukul 22.00 Malam

Kompas.com - 05/04/2022, 11:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jam operasional pusat perbelajaan dan pusat perdagangan di DKI Jakarta telah diperpanjang hingga pukul 22.00 WIB.

Sebelumnya atau pada PPKM level 2, jam operasional mal hanya sampai pukul 21.00 WIB.

Hal ini menyusul Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 20 tahun 2022 yang berlaku hingga Senin (18/4/2022) atau sekitar dua pekan mendatang.

Ketentuan ini juga ditujukan untuk jam operasional warung tegal (warteg), pedagang kaki lima, restoran dan kafe, baik yang berlokasi di dalam atau luar mal.

Kendati demikian, kapasitas pengunjung di masih tetap sama sesuai dengan aturan sebelumnya, yakni 75 persen.

Baca juga: Berlibur ke Bogor dan Sukabumi Naik Kereta Pangrango, Ada Mal Apa Saja?

Sementara itu, untuk restoran dan kafe dengan operasional yang dimulai petang hari atau sekitar pukul 18.00-00.00 WIB, aturan kapasitas pengunjung yang diberlakukan masih 50 persen.

Sedangkan untuk kapasitas pengunjung bioskop di Jakarta akan dikurangi menjadi 70 persen, setelah sebelumnya 75 persen.

Jumlah kapasitas pengunjung di restoran atau kafe di dalam bioskop juga dikurangi menjadi 50 persen dari 75 persen.

Lebih lanjut, tingkat keterisian mal diprediksi meningkat 15-30 persen saat bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri tahun 2022.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menyampaikan, hal ini dipengaruhi oleh capaian vaksinasi yang tinggi, pengendalian protokol kesehatan dan kondisi perekonomian yang membaik.

Baca juga: Bangun Mal Mewah Khusus Kalangan Tajir di Karawang, Siapa Tuan Sing?

 Proyeksi peningkatan tersebut diharapkan mampu menyumbang peningkatan rata-rata okupansi pusat perbelanjaan 2022 hingga 70-80 persen.

“Peningkatan kunjungan pada saat bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini diharapkan nantinya dapat menjadikan rata-rata tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan mencapai 70-80 persen yang mana lebih baik dari tahun sebelumnya,” jelas Alphonzus saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/3/2022).

Selain itu, APPBI turut merasa optimis kinerja pusat perbelanjaan tahun ini akan menjadi lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com