Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Arti Rumah Hadap Utara Menurut Fengsui

Kompas.com - 07/03/2022, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, arah hadap rumah menjadi hal utama yang harus diperhatikan ketika membeli atau membangun rumah.

Dalam fengsui atau ilmu tata ruang dan bangunan dari China, setiap arah rumah memiliki makna tersendiri.

Filosofi ini melihat bagaimana penghuni rumah berinteraksi dengan tata ruang rumah dan elemen di sekitarnya.

Ilmu fengsui digunakan sebagai pedoman untuk menyesuaikan atau menciptakan lebih banyak energi positif yang berdampak pada kesehatan hingga kesejahteraan penghuni rumah.

Lalu, bagaimana arti rumah hadap utara dalam fengsui?

Baca juga: Benarkah Harga Rumah Hadap Timur Selalu Lebih Mahal?

Dilansir dari The Spruce, Senin (7/3/2022), arah utara disebut dengan kan yang berhubungan dengan karir dan jalan hidup seseorang.

Selain itu, kan dalam bagua fengsui juga terkait dengan kebijaksanaan dan elemen air. Untuk mengaktifkan energi rumah yang menghadap ke utara, Anda dapat meningkatkan elemen air atau logam di area rumah.

Salah satu cara ampuh untuk mulai memasukkan unsur air dan logam pada fengsui adalah melalui warna.

Elemen air berhubungan dengan warna hitam atau abu-abu gelap. Sedangkan elemen logam terkait dengan warna putih, abu-abu, warna metalik seperti tembaga dan perunggu.

Langkah yang bisa diambil adalah dengan mengecat pintu rumah dengan salah satu warna di atas karena pintu depan rumah adalah salah satu bagian terpenting di rumah menurut fengsui atau dianggap sebagai tempat yang bagus untuk memulai.

Baca juga: Dianggap Paling Menguntungkan, Ini Manfaat Rumah Menghadap Selatan

Lebih lanjut, Anda juga dapat menghadirkan warna-warna elemen air pada perabotan lain yang lebih kecil, seperti karya seni yang disukai atau bahkan air mancur.

Jika Anda memilih untuk menggunakan air mancur untuk memunculkan elemen air, pastikan untuk selalu merawat dan menjaga kebersihannya secara teratur.

Sedangkan pada elemen logam, Anda bisa menambahkan barang-barang dekorasi yang terbuat dari logam, seperti patung, bingkai foto dan vas.

Tidak hanya itu, elemen logam juga bisa dimunculkan lewat penambahan perabotan berbentuk lingkaran, misalnya bantal atau meja bundar, selimut dengan pola melingkar, lampu atau barang lain sesuai dengan keinginan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com