Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Jumat Ini, Tol Binjai-Stabat Resmi Beroperasi Gratis

Kompas.com - 11/02/2022, 12:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat mulai dioperasikan tanpa tarif mulai hari ini, Jumat (11/2/2022) sejak pukul 07:00 WIB.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) PT Hutama
Karya (Persero) Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, perseroan sebagai pengelola telah melakukan persiapan matang sebelum mengoperasikan ruas tersebut.

“Sesuai arahan pemerintah, kami sudah siap mengoperasikan tol tersebut sejak menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) atas Jalan Tol Binjai-Stabat pada 28 Januari 2021 lalu,” terang Dwi dikutip dari rilis, Jumat (11/2/2022).

Menurut Dwi, pengoperasian ruas Tol Binjai-Stabat meliputi personel yang telah siaga maupun fasilitas mulai dari kendaraan ambulans, derek, Patroli Jalan Raya (PJR), rescue, dan lainnya.

Adapun sesuai arahan pemerintah, pengoperasian ruas jalan tol ini masih belum dikenakan tarif selama masa sosialisasi berlangsung.

Baca juga: Kelar Uji Laik Fungsi, Tol Binjai-Stabat Akan Segera Beroperasi

Meski belum bertarif, pengguna jalan tol diwajibkan menempelkan kartu uang elektronik saat melintas.

"Kami juga imbau masyarakat dapat menggunakan jalan tol secara bijak dengan selalu mematuhi tata tertib yang berlaku," tambah Dwi.

Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata
tertib yang berlaku di jalan tol.

Contohnya, menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo sebelum memasuki gerbang tol (GT).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan infrastruktur konektivitas tersebut satu minggu lalu atau tepatnya 4 Februari 2022.

Seksi jalan tol tersebut merupakan bagian dari Tol Binjai-Langsa yang membentang 131 kilometer.

Jika telah rampung secara keseluruhan, infrastruktur konektivitas tersebut akan menghubungkan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Menurut dia, kehadiran tol ini akan memudahkan ke berbagai destinasi wisata di Sumut seperti kawasan wisata Bukit Lawang, Tangkahan, dan Tuan Guru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com