Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Rumah Tak Melulu soal Lokasi, Juga Harus Dipertimbangkan Faktor Ini

Kompas.com - 30/12/2021, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan lokasi rumah. Salah satunya adalah terkait kebutuhan masing-masing individu.

Lantas, mengapa demikian?

Terkait hal ini, Founder Panangian School of Property Panangian Simanungkalit mengatakan, hal tersebut dikarenakan setiap orang memiliki selera yang berbeda.

Selain itu, prospek yang dilihat saat mencari rumah tidak hanya terkait dengan bagaimana fasilitas di suatu kawasan saja, tetapi juga bagaimana hubungannya dengan kegiatan penghuninya.

Baca juga: Tak Ada Lahan Baru, Ini Kawasan Perumahan Paling Diminati Tahun 2022

“Jadi tidak semua orang bisa dipaksa di satu lokasi tertentu. Artinya, pemilihan lokasi itu bergantung pada kebutuhan masing-masing,” kata Panangian saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/12/2021).

Panangian memperkirakan kawasan perumahan yang masih diminati oleh masyarakat pada tahun 2022 adalah di wilayah Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Menurutnya, masih belum ditemukan tren baru yang membawa perubahan, kecuali kawasan yang terhubung dengan fasilitas LRT, atau Commuter Line.

Namun, mengingat saat ini transportasi umum tersebut masih belum difungsikan, maka tren lokasi rumah yang diminati masyarakat akan masih tetap sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi di Jabodetabek dalam 10 tahun terakhir tidak ada perubahan yang membuat orang pindah rumah secara signifikan kecuali ada LRT,” jelas Panangian.

Kendati demikian, minat masyarakat masih lebih besar pada investasi rumah tapak dibandingkan dengan apartemen.

“Nah, orang yang mau cari landed house, mana mau tinggal di kawasan dekat LRT meskipun sangat dekat dengan Jakarta. Paling tetap di Bekasi,” tambah Panangian.

Sedangkan kemungkinan lain yang mungkin akan terjadi adalah ketika pemindahan Ibu Kota Negara akan dilangsungkan pada 2024.

Menurutnya, bagi pegawai berserta keluarga yang harus pindah lokasi tempat tinggal karena pekerjaan, akan memburu rumah di lokasi yang dituju. Tetapi untuk saat ini, tren tersebut masih belum muncul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com