Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut KTT G-20, Jasa Marga Lakukan Penataan Jalan Tol Bali-Mandara

Kompas.com - 03/12/2021, 13:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 tahun 2022, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jasamarga Bali Tol (JBT) melakukan penataan dan penghijauan di sekitar Jalan Tol Bali-Mandara.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan kegiatan penataan dan penghijauan dilakukan karena jalan Tol Bali-Mandara nantinya akan dilintasi para Pemimpin Negara G-20 saat kegiatan KTT di Bali.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung kesiapan Bali sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT G-20 tersebut. InsyaAllah awal Desember 2021 pengerjaannya sudah dimulai dan akan dilaksanakan secara bertahap,” ujar Subakti.

Baca juga: Jelang KTT G20 di Bali, Mangrove Conservation Forest Akan Direhabilitasi

Infrastruktur jalan Tol Bali-Mandara ini telah dikunjungi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Kamis (02/12/2021).

Sementara itu, Direktur Utama PT JBT I Ketut Adiputra Karang mengatakan PT JBT akan membuat landscape taman di wilayah jalan tol.

Taman tersebut akan berada di setiap akses masuk tol, median tol dan empat taper tol. Jenis tanaman yang digunakan adalah tanaman yang dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

“Secara berkala PT JBT juga melakukan program penghijauan di sekitar jalan tol terutama penanaman mangrov. Hal ini sesuai dengan misi Perusahaan, dimana mengoperasikan jalan tol dan tetap menjaga keasrian lingkungan hidup dan budaya Bali,” jelas Adi.

Setelah melakukan penanaman sekitar 7.000 bibit mangrov di akses Benoa pada HUT PT JBT ke-10 pada 25 November 2021 lalu, PT JBT juga berencana akan melakukan penanaman mangrov di area Interchange Ngurah Rai.

“Penghijauan juga masih belum cukup jika tidak dibarengi oleh program penataan/beautifikasi di fasilitas jalan tol,” papar Adi.

Karena itu, menurutnya akan dilakukan pengecatan ulang barrier pembatas jalan tol dan railing motor, pembersihan dan beautifikasi seluruh gerbang tol, hingga pembersihan tiang pancang.

Pekerjaan penghijauan dan penataan Jalan Tol Bali Mandara yang dilakukan secara bertahap ini dapat selesai pada Agustus 2022, atau sekitar dua bulan sebelum penyelenggaraan KTT G-20.

PT JBT juga terus melakukan pekerjaan pemeliharaan periodik seperti scrapping, filling, overlay (SFO), expansion joint dan rekonstruksi perkerasan jalan tol sehingga semakin meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com