Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usaha WIKA Ekspor 3.600 Komponen Mobil ke Thailand

Kompas.com - 30/09/2021, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk melalui PT Wika Industri dan Konstruksi atau WIKA IKON mengirimkan 3.600 set komponen mobil berupa roof rack set ke Thailand.

Komponen mobil ini diproduksi oleh Pabrik Plastic, Pressing & Casting (PPC) WIKA IKON yang telah memasuki pengiriman keempat ke ITOCHU, Thailand.

Produk-produk tersebut akan diaplikasikan pada bagian kerangka atap mobil Toyota Fortuner. produksi Toyota Motor Thailand.

Sekretaris Perusahaan WIKA Mahendra Vijaya menuturkan, dipercayanya WIKA IKON oleh ITOCHU ini didasari jalinan kerja sama yang baik dalam melakukan product development design (desain pengembangan produk).

Kerja sama ini telah dilakukan dalam jangka panjang dan mengacu pada kualitasnya yang teruji dengan baik.

Baca juga: Optimistis Industri Konstruksi Membaik, WIKA Bidik Kontrak Baru Rp 25 Triliun

“Ekspor ini diharapkan menjadi tolak ukur optimisme WIKA IKON dalam menghasilkan produk-produk part automotive (bagian otomotif) berkualitas yang diakui dunia," ujar Mahendra dalam siaran pers, Kamis (30/9/2021).

Rencana pengiriman komponen ini secara keseluruhan terbagi dalam enam batch. Pertama, kedua dan ketiga, masing-masing telah dilaksanakan Maret, Mei, Juli 2021.

Selain berhasil mengekspor komponen mobil, WIKA IKON kini juga sudah menguasai 100 persen saham produsen sepeda motor listrik Gesits.

Hal itu ditandai dengan diakuisisinya 10,66 persen saham milik PT Gesits Technologies Indonesia (GTI) pada PT Wijaya Karya Industri Manufaktur (WIMA).

WIMA merupakan perusahaan patungan manufaktur motor listrik Gesits antara WIKA IKON dan GTI.

Mahendra mengatakan, transaksi jual-beli tersebut telah dilaksanakan pada 24 September 2021 lalu.

Perusahaan telah mengakuisisi 6.800 lembar saham atau setara 10,66 persen saham yang ditempatkan dan disetor di WIMA.

Dalam mengakuisisi saham WIMA, WIKA IKON menggelontorkan dana sebesar Rp 36,5 miliar dan menjadi pemegang 100 persen saham usaha patungan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com