Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditopang Megaproyek Sodetan Ciliwung, WIKA Raup Kontrak Rp 11,8 Triliun

Kompas.com - 13/08/2021, 22:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA mencatatkan perolehan kontrak baru sebesar Rp 11,8 triliun hingga akhir Juli 2021. 

Kontribusi terbesar dari capaian tersebut secara berturut-turut berasal dari sektor infrastruktur dan gedung, sektor industri, energi dan properti.

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito mengungkapkan, catatan ini mencerminkan kepercayaan pasar yang tetap terjaga kepada persreoan di tengah pandemi Covid-19.

WIKA pun tetap optimistis menjaga keberlanjutan bisnisnya dengan ikut pada beberapa tender dengan total nilai sebesar Rp 27 triliun sampai dengan saat ini.

Baca juga: Kuartal I, WIKA Cetak Laba Bersih Rp 105 Miliar dan Kontrak Baru Rp 5,5 Triliun

"Kami berharap kondisi Covid-19 saat ini bisa segera membaik, sehingga ekonomi Indonesia, termasuk industri, dan Perseroan juga semakin membaik. Dengan demikian jumlah kontrak baru masih akan bertambah di sisa perjalanan 2021," jelas Agung.

Salah satu proyek baru yang menjadi sorotan pada awal Semester II-2021 ini adalah Proyek Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) milik Kementerian PUPR.

Dalam proyek ini, WIKA tergabung dalam KSO bersama Jaya Konstruksi dengan porsi WIKA sebesar 63 persen atau senilai Rp 435,2 miliar.

Pada proyek ini, WIKA bertanggung jawab melanjutkan pembangunan terowongan (sodetan) ganda dari Sungai Ciliwung (inlet) menuju titik pertemuan (arriving shaft) di Jalan Otista III, sepanjang 549 meter.

Sodetan ini bertujuan untuk mengurangi debit banjir Sungai Ciliwung dengan mengalirkan air sebesar 60 meter kubik per detik ke KBT.

Ini dilakukan saat Sungai Ciliwung sudah tidak lagi mampu menampung debit air pada perkiraan debit banjir ulang 25 tahunan sebesar 508 meter kubik per detik.

Dengan proyek ini, maka andil WIKA dalam pengendalian banjir Ibu Kota Jakarta menjadi semakin lengkap.

Saat ini, WIKA juga tengah menyelesaikan beberapa fasilitas lainnya yang menjadi bagian dari rencana induk sistem pengendalian banjir.

Mulai dari pembangunan Bendungan Sukamahi, Bogor hingga pembangunan Stasiun Pompa Ancol-Sentiong, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com