Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkenalkan Ella Robot Barista, Bisa Sajikan Minuman 200 Gelas Per Hari

Kompas.com - 08/09/2021, 07:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen robot dan teknologi Artificial Intelegent (AI) Singapura, Crown Digital, mengumumkan rencana penempatan robot barista di stasiun Mass Rapid Transit (MRT).

Seperti dikutip dari situs Retail News Asia, hingga akhir tahun 2022 perusahaan ini akan menempatkan robot tersebut pada 30 stasiun MRT.

Robot barista ini dijuluki Ella dan merupakan kios robo-coffee yang memiliki luas sekitar 5 meter persegi. Robot ini dapat menyajikan berbagai minuman kopi dan teh hingga 200 gelas per jam.

Dalam bekerja nanti, Ella akan menggunakan lengan artikulasi untuk membuat dan menyajikan minuman.

Baca juga: Oscar, Robot Cerdas yang Bisa Bantu Cari Jalan di Singapura

Salah satu fitur menonjolnya adalah layar transparan yang dapat menampilkan informasi tentang minuman, pesanan, dan bahkan video serta grafik full-motion.

Untuk instalasi MRT ini, Crown Digital telah berkolaborasi dengan Stellar Lifestyle, yang memiliki keahlian dalam manajemen properti dan ritel, solusi media dan periklanan digital.

Menurut Crown Digital, Stella Lifestyle telah menginvestasikan sejumlah untuk membiayai pengembangan robot Ella.

Penempatan kios kopi robotik di berbagai stasiun MRT di Singapura merupakan proyek kedua bagi Crown Digital.

Sebelumnya, mereka telah bekerja sama dengan stasiun kereta JR East Jepang. Perjanjian kerja sama bahkan telah ditandatangani pada akhir tahun lalu.

Mobilitas penduduk yang tinggi tentu mencari penyegaran saat bepergian. Karena itulah, stasiun MRT dan bandara adalah target pasar yang populer untuk produsen baru kios kopi robotik seperti Crown Digital, Smyze, dan Cafe X.

Manfaat lain dari robot barista kopi di masa pandemi ini adalah mereka lebih aman. Robot tidak sakit, dan tidak bertindak sebagai vektor penularan virus seperti yang dilakukan oleh manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com