Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oscar, Robot Cerdas yang Bisa Bantu Cari Jalan di Singapura

Kompas.com - 05/08/2021, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Robot berkemampuan artificial intelegence (AI) bernama Oscar akan berpatroli di Paya Lebar Quarter (PLQ) di Singapura dan menyediakan layanan pencarian jalan 24 jam sehari.

Oscar merupakan robot yang diproduksi perusahaan layanan keamanan cerdas, Security+ Certis untuk meningkataan rasa aman bagi para pengunjung dan pembeli di PLQ.

Selain layanan pencarian jalan, Oscar dapat mendeteksi dan membunyikan peringatan saat bertemu dengan sepeda yang diparkir secara ilegal atau saat terjadi kebakaran.

Robot ini juga mampu memperingatkan orang-orang yang merokok di area yang tidak sesuai atau berkeliaran di PLQ setelah jam kerja.

Baca juga: Robot Ini Bisa Bikin Pasta Lebih Enak dari yang Anda Harapkan

Bahkan robot cerdas ini memiliki kemampuan untuk menyiarkan pesan sesuai dengan permintaan atau pesan darurat kepada publik.

Dikutip dari Retail Asia Net, pada Kuartal IV-2021, para pembeli dapat menggunakan layar sentuh Oscar untuk mengakses direktori mal.

Oscar kemudian mengidentifikasi kerumunan dan memutar pesan untuk memberi tahu pembeli agar mematuhi langkah-langkah menjaga jarak yang aman.

Selain Oscar, Security+ menggabungkan teknologi terdepan ke dalam layanan keamanan untuk mengintegrasikan layanan manajemen dan keamanan di berbagai situs.

Dengan teknologi terbaru ini, tingkat produktivitas operasi mal akan meningkat dengan tetap menjaga keamanan dan standar pelayanan yang tinggi serta memberikan pembeli dan pengunjung pengalaman berbelanja yang lebih aman dan lebih baik.

Security+ dipantau oleh BPRO Command Center (BCC) yang terletak jauh dari kantor Certis di Singapura, yang akan menerima umpan informasi dari CCTV, sensor, dan sistem interkom yang tersebar di empat gedung PLQ.

BCC juga akan menerima umpan langsung dari Oscar dan dapat menggunakan pengawasan data untuk menyelesaikan masalah seperti menemukan anak atau barang yang hilang.

“Security+ Certis terus memberikan hasil bisnis yang baik. Di banyak gedung komersial dan mal yang kami amankan, Certis telah menghasilkan lebih dari 25 persen peningkatan produktivitas dan tingkat efisiensi,” kata Chief Executive Certis Singapore, Ronald Poon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com