Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rest Area Tol Medan-Tebing Tinggi Siap Digunakan Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 23/12/2020, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Regional Jasamarga Nusantara Tollroad (JNT) memastikan, rest area KM 65A dan KM 65 Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) siap melayani pengguna jalan tol pada libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Dalam upaya pencegahan penularan dan penanggulangan Covid-19 di rest area tersebut, JNT akan melakukan pembersihan dan penyemprotan cairan disinfektan secara berkala dan memberlakukan beberapa pengaturan.

Misalnya, pengecekan suhu tubuh, mewajibkan penggunaan masker bagi pengunjung dan petugas, serta penambahan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer.

Division Head JNT Teddy Rosady mengatakan hal itu dalam keterangan tertulis, Selasa (22/12/2020).

"Kapasitas parkir kendaraan akan kami batasi maksimal 50 persen saja, termasuk imbauan durasi waktu parkir di rest area maksimal 30 menit dan pemberlakuan jarak parkir akan terus kami pantau, baik melalui petugas piket ataupun CCTV,” kata Teddy.

Sebagaimana diketahui, Tol MKTT diprediksi akan mengalami lonjakan arus lalu lintas pada  24 Desember 2020 sebanyak 25.069 kendaraan dan 3 Januari 2021 sebanyak 29.933 kendaraan.

Baca juga: Jasa Marga Pastikan Operasional 10 Jalan Tol Siap Sambut Nataru

Sementara ruas jalan tol lain yang dikelola JNT yakni, Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) diprediksi akan dipadati sebanyak 78.797 kendaraan pada 23 Desember 2020.

Sementara pada 2 Januari 2021 diprediksi akan dipadati sebanyak 77.653 kendaraan.

Dalam hal pelayanan lalu lintas, 7 armada Customer Service Mobile, 3 ambulans, 7 derek, 2 kendaraan darurat, serta 5 Patroli Jalan Raya (PJR) disiagakan selama 24 jam.

Selain itu, di sepanjang ruas tol juga dioperasikan 254 unit Close Circuit Television (CCTV) untuk memantau kondisi lalu lintas dan 31 unit Variable Message Sign (VMS) sebagai papan informasi elektronik secara real time.

Di bidang layanan konstruksi, JNT juga memastikan perkerasan jalan, sarana pelengkap jalan seperti marka, guide rail, dan perambuan di seluruh ruas tol terpenuhi sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan kelancaran pengguna jalan tol, JNT juga menjalin kerja sama dengan pihak Kepolisian, TNI, dan Dinas Perhubungan serta Perangkat Desa.

“Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk mempersiapkan kondisi kesehatan dan kendaraan, memakai dan jangan melepas masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak fisik untuk mencegah penyebaran Covid-19," pungkas Teddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com