Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opie Kumis Jual Murai Rp 25 Juta untuk Modal Jadi Caleg DPRD DKI Jakarta

Kompas.com - 20/02/2024, 15:11 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelawak Opie Kumis mengaku tak mengeluarkan banyak uang untuk kampanye saat mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (Caleg) DPRD DKI Jakarta di daerah pemilihan (Dapil) 6 DKI Jakarta.

Opie mengatakan, ia hanya menjual burung murai seharga Rp 25 juta.

“Bang Opie cuma ngeluarin satu burung murai, dijual Rp 25 juta, itu aja. Itu aja cuma buat makan sama anak-anak tim sukses doang. Dan enggak ada lagi (mengeluarkan uang),” ujar Opie Kumis, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024).

Pria berusia 63 tahun ini mengatakan, ia banyak dibantu oleh sahabatnya, Eko Patrio.  Eko juga yang mengajaknya ke dunia politik serta masuk ke Partai Amanat Nasional (PAN).

Baca juga: Opie Kumis Tak Menyesal Jadi Caleg meski Perolehan Suara Kecil, Modalnya Cuma Rp 25 Juta Hasil Jual Burung Murai

“Pak Eko itu orang baik. Gua diajak itu gue enggak pernah ngeluarin duit. Gue di-back up sama dia, makasih Pak Eko,” ucap Opie Kumis.

Opie mengatakan, Tuhan sudah mengatur siapa yang menang dan kalah dalam Pemilu 2024.

Ia pun tak pernah menyesal mendaftar sebagai caleg DPRD Provinsi DKI Jakarta. Opie ikhlas apapun hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024.

“Ikhlas dan Ridho,” ujar Opie Kumis.

Baca juga: Tak Kapok Nyaleg, Opie Kumis Sebut Hanya Modal Jual Satu Burung Murai

“Gua enggak pernah ada rasa kecewa dalam hidup gue dari dulu. Karena gue anggap adalah ini satu hal yang biasa. Karena satu hal kekecewaan akhirnya enggak bakal baik. Kita kalau kecewa udah pasti stres, kalau enggak kecewa kita enggak bakal stres. Enjoy aja,” tutur Opie Kumis.

Dikutip dari laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (20/2/2024) pukul 15.00 WIB, Opie Kumis meraup 2.680 suara.

Data ini yang berasal dari 1.375 TPS dari 2.874 TPS atau setara dengan data 47.84 persen.

Baca juga: Opie Kumis hingga Aldi Taher Akan Ikut Pileg DPRD DKI, Tina Toon Tak Takut Kalah Saing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com