Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Isi Pidato Cillian Murphy di Golden Globes yang Disensor

Kompas.com - 09/01/2024, 13:46 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Isi bagian pidato aktor Cillian Murphy saat memenangkan penghargaan Golden Globes yang disensor telah dikonfirmasi.

Cillian Murphy menerima penghargaan Aktor Terbaik dalam Film – Drama di Golden Globes 2024, untuk peran utamanya dalam film biografi besutan sutradara Christopher Nolan, Oppenheimer.

Dalam pidatonya, Cillian Murphy mengucapkan terima kasih kepada Christopher Nolan dan pemeran film tentang fisikawan teoretis, J. Robert Oppenheimer, beserta tim perwakilan dan keluarganya.

Baca juga: Berkat Film Oppenheimer, Cillian Murphy Menangkan Piala Aktor Terbaik Golden Globe Pertamanya

Selain mengakui rekan-rekan nominasinya, termasuk Barry Keoghan untuk Saltburn dan Andrew Scott untuk All Of Us Strangers, Cillian Murphy mengungkapkan rasa terima kasihnya dengan kata-kata yang disensor untuk penonton di rumah.

Kalimat yang tidak ditayangkan karena kata-kata yang dianggap tak senonohnya adalah, "Saya orang paling beruntung yang masih hidup."

Cillian Murphy kemudian memuji Nolan atas penyutradaraannya, bahkan mungkin membenarkan rumor yang beredar belakangan ini.

Baca juga: Cillian Murphy Raih Gelar Aktor Terbaik di Golden Globe Awards 2024

Cillian Murphy berkata: “Saya tahu pertama kali saya berjalan di lokasi syuting Christopher Nolan bahwa itu berbeda. Saya dapat mengetahui dari tingkat ketelitian, tingkat fokus, tingkat dedikasi, dan tidak adanya pilihan tempat duduk untuk para aktor bahwa saya berada di tangan sutradara dan master yang visioner."

Hal ini mengacu pada rumor yang beredar seputar penggunaan kursi oleh Nolan di lokasi syuting filmnya, menyusul komentar yang dibuat oleh Anne Hathaway.

Baca juga: Cillian Murphy Sebut Akhir Peaky Blinders Sempurna, dan Dia Siap untuk Spin-off

Namun, pada tahun 2020, juru bicara Nolan menanggapi rumor tersebut, mengklaim bahwa Nolan “memilih untuk tidak menggunakan kursinya tetapi tidak pernah melarang kursi dari lokasi syuting”.

Berbicara tentang sesama pemerannya, Cillian Murphy berkata: “Salah satu hal yang paling indah dan rentan tentang menjadi seorang aktor adalah Anda tidak dapat melakukannya sendiri, sungguh. Kami memiliki pemain ansambel paling luar biasa dalam film ini. Itu sungguh ajaib dan beberapa dari mereka ada di sini hari ini.”

Baca juga: Tak Ikut Demo, Cillian Murphy Berada di Rumah Sambil Makan Keju Selama Aksi Pemogokan Para Aktor

Dia melanjutkan: “Emily Blunt, Robert Downey Jr., Matt Damon, Gary Oldman. Terima kasih telah membawaku dan menemaniku melalui film ini.”

Kendati demikian, belum diketahui persis mengapa sebagian pidato Cillian Murphy tersebut disensor untuk penonton di rumah.

Ada pun, Aktor Cillian Murphy akhirnya berhasil memenangkan piala Golden Globe pertamanya.

Baca juga: Tak Ikut Demo, Cillian Murphy Berada di Rumah Sambil Makan Keju Selama Aksi Pemogokan Para Aktor

Cillian Murphy berhasil memenangkan piala Golden Globe 2024 berkat peran utamanya di film Oppenheimer.

Robert Downey Jr yang memerankan Lewis Strauss dalam film biografi tersebut, juga diakui atas penampilannya, memenangkan penghargaan untuk Aktor Pendukung Terbaik dalam Film – Drama.

Secara total, film yang mendapat pujian kritis ini dinominasikan untuk tujuh penghargaan, dan lima di antaranya dimenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com