Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Netrilis Awards 2023 Apresiasi Musisi Lokal, Ini Daftar Pemenangnya

Kompas.com - 12/10/2023, 18:20 WIB
Nur Melati Syamdani,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu aggregator musik di Tanah Air, Netrilis, menggelar ajang penghargaan karya musik Netrilis Awards 2023. Penghargaan ini merupakan bagian perayaan dari perjalanan 8 tahun Netrilis dalam berkontribusi di industri musik Indonesia.

Sebagai informasi, Netrilis merupakan perusahaan aggregator musik yang membantu para musisi untuk mengunggah dan menjual lagu-lagunya ke platform musik digital, termasuk Spotify, TikTok Music, Apple Music, dan YouTube Music.

“Penghargaan karya musik yang diadakan Netrilis, khusus untuk lagu-lagu yang didistribusikan ke platform musik melalui Netrilis. Penghargaan musik ini cukup relevan untuk industri musik indi Indonesia karena Netrilis menyumbang 28.000 lagu dari 14.000 musisi Indonesia,” kata Communication Manager Netrilis Caecillia Devy dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (12/10/2023).

Ia menjelaskan, terdapat 8 kategori penghargaan dalam Netrilis Awards 2023. Untuk menentukan nama-nama pemenang, Netrilis menyaring 64 lagu lintas genre dari berbagai musisi indi Indonesia.

“Dalam penentuan nominasi dan pemenang tidak ada submisi atau voting. Seluruhnya ditentukan secara internal,” jelasnya.

Adapun indikator penilaian penghargaan tersebut meliputi jumlah streams di aplikasi Spotify dan Apple Music, jumlah unduhan di iTunes dan Amazon Music, serta jumlah penggunaan sounds di YouTube, Tiktok, Facebook, dan Instagram.

“Kemudian, (para musisi) dikurasi dari perspektif editorial team,” paparnya.

Setelah melakukan kurasi, Netrilis akhirnya memilih nama-nama pemenang dari 8 kategori. Berikut adalah daftar judul lagu dan nama musisi pemenang penghargaan Netrilis Awards 2023.

  1. “Aku Kamu dan Samudra” dari Rebellion Rose sebagai Karya Musik Original Paling Banyak Diapresiasi di Platform Streaming dan Download
  2. “Al I’tirof” dari Aishwa Nahla Karnadi feat. Abi Nahla sebagai Lagu Paling Sering Digunakan Content Creators di Platform Media Sosial
  3. “Jaga Mata Jaga Hati” dari DJ Qhelfin sebagai Karya Musik Nomor 1 dari Musisi Paling Menginspirasi atas Produktivitasnya
  4. “Menepi” dari Regita Echa sebagai Musik Cover Version Paling Banyak Diapresiasi secara Streams dan Downloads
  5. “Sayang Beli” dari Tika Pagraky sebagai Karya Musik Paling Mewakili Kelokalan Indonesia
  6. “Orang Batak” dari Wawan Teamlo sebagai Karya Musik Nomor Satu dari Musisi Berskala Nasional
  7. “Kelinciku” dari Jocelyn Fidelia Yapni sebagai Karya Musik dari Musisi Pelestari Musikalitas Anak Indonesia
  8. “Genesis Mahakarya Dunia” dari Taruna Nusantara XXVII sebagai Karya Musik Paling Mewakili Simbol Komunitas dan Organisasi

Devy menuturkan, Netrilis Awards 2023 merupakan bentuk pengakuan atas pencapaian yang diraih oleh para musisi lewat karya musiknya. Adapun apresiasi tersebut diberikan kepada para pemenang dalam sertifikat fisik berbentuk plakat.

“Indonesia memiliki banyak talenta di bidang musik. Karena itu, Netrilis menjadi bagian dari industri musik Tanah Air berusaha untuk ikut serta memberikan pengakuan atas pencapaian karya para musisi indi melalui Netrilis Awards 2023,” imbuhnya.

Netrilis Music Awards, kata Devy, direncanakan bakal diadakan setiap tahun. Pengumuman pemenang dilaksanakan pada pertengahan hingga akhir tahun.

Untuk melihat daftar lengkap nominasi Netrilis Awards 2023, silakan kunjungi situs resmi Netrilis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com