Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Hanya dalam 2 Jam, Baim Wong Sukses Raih Omzet Rp 600 Juta pada Sesi Shopee Live Perdana

Kompas.com - 01/09/2023, 11:45 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Baim Wong kembali membawa kabar menghebohkan. Kali ini, bukan dikarenakan konten kontroversialnya yang kerap menjadi viral di media sosial (medsos).

Sebaliknya, kabar heboh tersebut terkait keberhasilannya mencatatkan omzet fantastis hingga Rp 600 juta hanya dalam waktu dua jam pada sesi live shopping perdana di Shopee Live, Kamis (31/8/2023).

Capaian tersebut menempatkan suami Paula Varhoeven itu sebagai salah satu selebritas yang sukses membukukan rekor penjualan fantastis di Shopee Live. Sebelum Baim, ada Raffi Ahmad, Richard Lee, dan Ruben Onsu yang terlebih dulu masuk ke jajaran tersebut.

Baca juga: Gandeng Raffi Ahmad, Shopee Live Erigo Tembus Rekor Omzet Rp 5 Miliar dalam 10 Menit

Baim pun berbagi kabar bahagia tersebut melalui unggahan di akun Instagramnya, Jumat (1/9/2023). Ia berterima kasih kepada para penggemar dan konsumen yang sudah meramaikan sesi live shopping-nya di Shopee Live.

Baim Wong sukses mencatatkan omzet fantastis hingga Rp 600 juta hanya dalam waktu dua jam pada sesi live shopping perdana di Shopee Live, Kamis (31/8/2023).Tangkapan layar akun Instagram @baimwong Baim Wong sukses mencatatkan omzet fantastis hingga Rp 600 juta hanya dalam waktu dua jam pada sesi live shopping perdana di Shopee Live, Kamis (31/8/2023).

Gila! Terima kasih Bosque! Kalian benar-benar keren! Total omzet hampir Rp 600 juta hanya dalam 2 jam di sesi Shopee Live perdana saya! Alhamdulillah, thank you guys!” tulis Baim pada caption unggahannya di akun Instagram @baimwong.

Suguhkan aksi kocak

Keberhasilan Baim tersebut cukup beralasan. Sebagai selebritas, pengusaha, sekaligus kreator konten, Baim punya gaya yang asyik dan kemampuan untuk meramaikan serta menggaet penonton untuk membeli produk incaran di sesi Shopee Live.

Bahkan, di beberapa menit awal sesi live shopping, tepatnya ketika produk pada etalase dinaikkan dengan harga promo, sebagian calon pembeli langsung berebut. Hal ini membuat sesi live shopping semakin menegangkan.

“Ayo Bosque, cepat tangkap diskonnya!” ujar Baim untuk menyemangati calon pembeli.

Selain itu, Baim juga tidak ragu untuk berinteraksi dengan para pengguna Shopee dengan memanggil nama-nama yang kerap mengirimkan komentar. Hal ini pun membuat sesi live shopping Baim terasa lebih menarik dan hangat.

Baim Wong sukses mencatatkan omzet fantastis hingga Rp 600 juta hanya dalam waktu dua jam pada sesi live shopping perdana di Shopee Live, Kamis (31/8/2023).Tangkapan layar sesi Shopee Live Baim Wong Baim Wong sukses mencatatkan omzet fantastis hingga Rp 600 juta hanya dalam waktu dua jam pada sesi live shopping perdana di Shopee Live, Kamis (31/8/2023).

Untuk diketahui, produk yang dijual pada sesi live shopping di toko @Baim.wong cukup beragam, mulai dari gadget, peralatan elektronik rumah, hingga fesyen pria.

Sesi live tersebut semakin meriah berkat promo yang ditawarkan Shopee pada kampanye 9.9 Super Shopping Day yang sedang berlangsung, seperti Shopee Live Semua Diskon 50% dan Gratis Ongkir Rp 0.

Baim mengatakan, pencapaian pada sesi live shopping perdananya itu akan menjadi strategi untuk lebih fokus menggarap bisnisnya di Shopee Live pada masa mendatang.

Baca juga: Giliran Video Baim Wong Marah Viral, Ternyata Ingin Tambah Lapak ke Shopee Live

Tak hanya itu, traffic yang tinggi, antusiasme pengguna Shopee, dan capaian rekan-rekan selebritas lain menjadi motivasi Baim untuk semakin mengembangkan dirinya di Shopee Live.

Live shopping incaran masyarakat

Capaian Baim serta antusiasme pengguna pada sesi Shopee Live tersebut menunjukkan eksistensi Shopee Live sebagai salah satu platform live shopping incaran masyarakat untuk berbelanja.

Studi “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang dilakukan Populix mengungkapkan bahwa Shopee Live merupakan platform live shopping yang paling sering digunakan masyarakat untuk belanja online.

Sebanyak 69 persen responden pada studi itu memilih Shopee Live sebagai fitur live shopping yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia. Kemudian, diikuti TikTok Live yang dipilih 25 persen responden.

Baca juga: Gara-gara “Live Shopping” di Shopee Live, Omzet Brand Lokal Dekornata Naik 8 Kali Lipat

Studi itu juga menyebut bahwa 60 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live shopping yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia. Sementara itu, TikTok Live mendapatkan 30 persen suara.

Shopee juga punya pangsa pasar dengan jumlah transaksi (share of order) tertinggi sebesar 56 persen selama enam bulan terakhir. Angka ini melampaui para pesaingnya, salah satunya TikTok Live dengan persentase 30 persen.

Dari sisi pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee menduduki peringkat pertama dengan mencatatkan pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 54 persen. Kemudian, ada TikTok Live yang meraih 31 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com