Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Merasa Tersaingi Banyak Artis yang Jadi Caleg DPR RI, Anang Hermansyah: Aku sih Happy

Kompas.com - 26/07/2023, 19:49 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para artis berbondong-bondong mencalonkan dirinya sebagai anggota legislatif DPR RI di Pemilu (Pemilihan Umum) 2024.

Salah satunya, Anang Hermansyah yang mencalonkan diri lewat PDIP dari Dapil V, Jawa Barat.

Anang mengaku tak merasa tersaingi dengan banyaknya teman artis yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

Baca juga: Pilih Dapil Kabupaten Bogor, Anang Hermansyah: Aku Punya Kedekatan Emosional

“Aku sih mendukung banget. Aku sih orang yang happy ya bahwa teman-teman benar-benar sudah memikirkan bahwa profesi kita harus diperjuangkan. Bahwa profesi ini harus bisa kuat,” ujar Anang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/7/2023).

“Ya kita melihat negara lain kayak Korea pun, bahwa industri kreatif ini sangat tinggi,” lanjut Anang.

Anang mengatakan, dengan banyaknya kalangan artis yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, maka ia bisa berdiskusi tentang bagaimana mengembangkan industri kreatif.

Baca juga: Gabung ke PDI-P, Anang Hermansyah: Aku Jatuh Cinta dengan Ganjar Pranowo

“Nah, ini kan kalau teman-teman kreatif juga masuk mewakili di situ, itu kan menarik dalam diskusi. Karena nanti informasi bagaimana cara dalam eksekutif menjalankan perjalanan dari anggaran,” ucap Anang.

“Dan bagaimana kita mengawasi perjalanan anggaran dan kinerja eksekutif di ranah ekonomi kreatif. Itu kan kalau seniman dan pelaku kreatifnya ada di dalam kan dan pencacahan permasalahan ekonomi kreatif Indonesia yang hari ini bisa ditingkatkan menjadi lebih jauh,” lanjut Anang.

Anang berharap apabila ada banyak artis yang masuk ke kursi DPR RI, maka jumlah kontribusi industri kreatif, khususnya musik dan film, pada perekonomian Indonesia lebih banyak dari saat ini.

Baca juga: Siap Jadi Bacaleg DPR, Anang Hermansyah Ingin Perjuangkan Hak Musisi

“Ini pun diharapkan kalau teman-teman benar-benar bisa masuk, itu kan sebuah hal tang bagus untuk mencacah ekonomi kreatif. Yang notabene perfilman masih di bawah 1 persen, musik di bawah 1 persen, pertunjukan di bawah 1 persen,” ujar Anang.

“Nah ini gimana nanti dalam arah pembangunan, pengawasan dalam arah ekonomi kreatif bagaimana pemerintah bisa menjalankan dengan anggaran yang kita setujui bersama. Nah, ini kan menarik. Jadi, happy lah teman-teman bisa masuk ke situ,” tutur Anang.

Sebelumnya, Anang memilih vakum dari dunia politik usai sempat melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PAN periode 2014-2019 dan duduk di Komisi X. Anang kala itu maju di Dapil Jawa Timur IV.

Baca juga: Kembali Jadi Bacaleg DPR RI, Anang Hermansyah: Iya, Aku Galau

Setelah menyudahi jabatannya, Anang tidak lagi mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI tahun 2019-2024.

Anang saat itu memilih untuk fokus pada karier musiknya. Selain alasan ingin kembali bermusik, Anang juga ingin memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com