Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Jadi Bacaleg DPR RI, Anang Hermansyah: Iya, Aku Galau

Kompas.com - 26/07/2023, 09:00 WIB
Cynthia Lova,
Dian Maharani

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com- Musisi Anang Hermansyah kembali mencalonkan diri sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) RI dari Dapil V Jawa Barat.

Anang berangkat ke kursi legislatif lewat partai PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan).

Anang menceritakan kegalauannya hingga akhirnya kembali terjun ke politik.

“Iya aku galau. Galaunya adalah posisiku di musik industri. Aku ada di ekonomi kreatif, aku YouTuber, aku KOL (key opinion leader), aku punya UMKM (Usaha mikro kecil menengah), aku punya start-up. Bagaimana keberpihakan aturan di ekonomi kreatif nanti pada saat pembahasaan dengan eksekutif,” ujar Anang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/7/2023).

Baca juga: Gabung PDIP, Anang Hermansyah Jadi Bacaleg DPR Dapil Kabupaten Bogor

“Ini kan harus person-nya, ini kan yang memperjuangkan harus orangnya. Nah karena aku ada di situ lah aku galau melihat perkembangan yang terjadi. Kenapa Pariwisata Ekonomi Kreatif ekraf di merger (digabung) ke Badan Ekonomi Kreatif. Ini kegalauan,” lanjut Anang.

Pria berusia 54 tahun ini merasa harus memperjuangan bagaimana politik anggaran, mengawasi kinerja pemerintah, pendataan Undang-Undang dari 2019 ke 2024, khususnya tentang UU Ekonomi Kreatif.

“Ini yang disasar pemerintahan yang akan datang dan itu kelihatan dari kebutuhan publiknya gen z dan gen y kan kalau disuruh mau enggak kerja ASN, enggak ada yang ngacung. Kagak ada,” ucap Anang.

Baca juga: Suami Sering Dilabeli Setia, Ashanty Akui Pernah Temukan Anang Balas DM Wanita Lain

“Pertumbuhan kerja nasional itu cuma 2 persen. Ini bagaimana dalam anggaran dan perencanaan, nanti kalau direncanakan bagaimana ngawasin jalannya, apa yang dilakukan eksekutif, ya terus di mana tempatnya kalau kita enggak masuk ke dalam departemen,” lanjut Anang.

Berkat sosok Ganjar Pranowo

Selain kegalauannya itu, hal lain yang jadi pertimbangan Anang adalah sosok Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Anang mengaku jatuh cinta dengan sosok Ganjar.

Sehingga hal itu pula yang memutuskan Anang gabung ke partai PDI Perjuangan dan mencalonkan diri sebagai DPR RI.

“Ya pastinya (tertarik gabung ke PDIP dan calonkan diri ke DPR RI),” ucap Anang.

“Iya, dan kenapa aku juga ke partai PDIP ya, karena dengan sosok Ganjar, aku jatuh cinta dengan dia. Nanti pasti akan keren, kalau dia jadi presiden. Dia akan bisa mewakili, dia bisa benar-benar jadi presiden yang energik, yang atletis, sporty gitu, sosoknya keren lah gitu,” tutur Anang.

Baca juga: Soal Pilpres 2024, Anang Hermansyah: Dukung Presiden yang Support Industri Musik

Sebelumnya, Anang memilih vakum dari dunia politik usai sempat melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR dari Fraksi PAN periode 2014-2019 dan duduk di Komisi X. Anang kala itu maju di Dapil Jawa Timur IV.

Usai menyudahi jabatannya, Anang tidak lagi mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI tahun 2019-2024.

Anang saat itu memilih untuk fokus pada karier musiknya. Selain alasan ingin kembali bermusik, Anang juga ingin memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com