Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opie Kumis Siap Maju Jadi Bacaleg PAN di Dapil 6 DKI Jakarta

Kompas.com - 18/07/2023, 18:36 WIB
Vincentius Mario,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komedian Opie Kumis siap maju sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD DKI Jakarta dari Partai Amanat Nasional (PAN) di daerah pemilihan 6 (Dapil 6).

Hal itu diungkap Opie Kumis saat mengajukan permohonan persamaan nama menjadi M Lutfi (Opie Kumis) di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (18/7/2023).

"Insya Allah, (saya maju) pencalegan. Saya Dapil 6, partai PAN," kata Opie Kumis.

Ke depannya, Opie Kumis ingin bersilaturahmi dengan warga di Dapil 6.

"Sekarang, kalau gue di Dapil 6 berarti gue punya Kampung Makasar, Ciracas, Cibubur, nah ini semuanya orang-orang enggak kenal. Dengan adanya (pencalegan) ini, gue dateng, jadi orang pada kenal. Gue ambil cakepnya bisa ambil tali silaturahmi," lanjut Opie.

Baca juga: Jadi Bacaleg, Opie Kumis Ajukan Permohonan Persamaan Nama

Opie menyebut sudah siap kalah atau menang di Pemilu nanti. Opie hanya ingin menjadi penyambung aspirasi rakyat.

"Ya siap dong, pertandingan kan biasa. Yang penting kita udah kasih tahu nih lo mau pilih boleh nggak juga boleh," ucap Opie.

"Mungkin kalau lo pilih, mungkin gue bisa sampaikan apa yang lo mau ucapin. Tapi kalau enggak pilih jangan omong, ntar kalau gue enggak kepilih lo masih tuntut aja kan repot," lanjutnya.

Keputusan Opie terjun ke dunia politik sudah mendapat dukungan dari keluarganya.

Baca juga: Opie Kumis, Astrid Kuya, hingga Istri Pasha Ungu Didaftarkan Jadi Bacaleg PAN

"Kalau anak sih pada setuju aja, apalagi bini, bini tahu sendiri ya 'kayaknya lumayan nih'," jelas Opie.

"Doain aja mudah-mudahan enggak pernah kesandung apa-apa, karena kan gue memang sejalur. Itu ya itu aja udah," tutup Opie Kumis.

Nama M Lutfi (Opie Kumis)

Sebelumnya diberitakan, Opie Kumis mengajukan permohonan persamaan nama menjadi M Lutfi (Opie Kumis) di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (18/7/2023).

Adapun nama asli Opie Kumis adalah M Lutfi.

"Gue pengin bikin persamaan nama. Kalau orang tahu gue di layar kaca kan Opie Kumis. Nah ini jadi M Lutfi (Opie Kumis). Persamaan nama, yang nama dua orang, M Lutfi dan Opie Kumis jadi milik satu orang. Harus diurus di pengadilan," kata Opie Kumis.

Meski begitu, nama di KTP Opie Kumis tetap tertera M Lutfi.

Baca juga: Alasan Komedian Opie Kumis Daftar sebagai Bacaleg DKI dari PAN

Permohonan persamaan nama itu diajukan Opie Kumis sebagai langkah awal pendaftaran bakal caleg Dapil 6 dari partai PAN.

"Jadi gue tiap hari capek nih, masyarakat 'eh Bang Opie Kumis'. Sementara nanti di bukunya enggak ada Opie Kumis. Ini M Lutfi, jadi gue bilangin ibu-ibu. Nama saya Opie Kumis, tapi aslinya M Lutfi. Jadi gue mesti bikin ini biar orang lihat. Itu alasannya," ujar Opie Kumis.

Kuasa hukum Opie Kumis, Madha Besar Surya, menerangkan bahwa proses selanjutnya pihaknya akan melimpahkan berkas nama Opie Kumis kepada KPU.

"Dari sini, diajukan ke KPU, diterangkan bahwa M Lutfi adalah Opie Kumis. Insya Allah minggu depan prosesnya selesai," tutur Madha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com