Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2023, 14:47 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Idol Kpop Moonbin, anggota boy band Astro dan duo musikal Moonbin & Sanha, telah meninggal dunia.

Moonbin meninggal dunia di rumahnya pada Rabu (19/4/2023).

Moonbin meninggal dunia di usia 25 tahun.

Baca juga: Drama yang Pernah Dibintangi Moonbin ASTRO

Kepolisian setempat mengatakan jenazah Moonbin ditemukan di rumahnya di distrik Gangnam-gu, Seoul oleh manajer band pada Rabu malam, seperti dilaporkan The Korea Times.

Polisi mengatakan mereka masih menyelidiki penyebab kematiannya, namun dugaan kuat Moonbin meninggal karena mengakhiri hidupnya sendiri.

Label rekaman Astro, Fantagio Music mengonfirmasi kematian Moonbin dalam pernyataan yang diunggah ke media sosial.

Baca juga: Kronologi Moonbin ASTRO Ditemukan Meninggal

"Moonbin Astro tiba-tiba meninggalkan kita untuk menjadi bintang di langit," kata Fantagio dalam pernyataan itu. "Semua anggota Astro lainnya, artis rekannya, dan karyawan di Fantagio sangat berduka untuknya dengan kesedihan dan keterkejutan yang luar biasa."

Diketahui, Moonbin lahir pada 26 Januari 1998 di kota provinsi Cheongju, Korea Selatan.

Moonbin memasuki industri hiburan pada usia dini, pertama sebagai model cilik dan kemudian sebagai penyanyi. Adik perempuannya, Moon Sua, menjadi anggota girl grup kpop Billlie.

Baca juga: MJ ASTRO Cuti dari Wamil untuk Hadiri Persemayaman Moonbin

Menandatangani ke agensi bakat Fantagio di masa remajanya, Moonbin akhirnya bergabung dengan grup Astro, dengan grup beranggotakan enam orang melakukan debut mereka pada Februari 2016 tak lama setelah tampil di acara TV MBC Music episode berjudul Astro OK! Ready.

Di tahun pertama Astro, band ini merilis tiga EP dengan nama mengikuti musim, yakni debut Spring Up, Summer Vibes, dan Autumn Story.

Setelah meraih beberapa kesuksesan di Korea dan di Jepang, dibantu dengan penampilan selanjutnya di web series dan reality show, Astro merilis sejumlah mini album hingga merilis full album studio pertama mereka, All Light, pada Januari 2019.

Baca juga: Pemakaman Moonbin ASTRO Digelar Hanya untuk Keluarga dan Kerabat Dekat

Pada November 2019, Moonbin mundur selangkah dari Astro, dengan Fantagio mengungkapkan bahwa penyanyi tersebut sedang berjuang dengan masalah kesehatan.

Dia akan kembali pada awal tahun 2020 dan akan tampil di album Astro tahun 2021 All Yours dan rilis tahun 2022 Drive to the Starry Road.

Moonbin dan sesama anggota Astro Sanha lalu bergabung untuk membentuk duo Moonbin & Sanha dan merilis tiga EP, dimulai dengan In-Out pada tahun 2020, yang diikuti Refuge (2022) dan Incense yang dirilis pada Januari 2023.

Baca juga: Moonbin ASTRO Meninggal, Cha Eun Woo Langsung Pulang ke Korea dari AS

Di luar musik, seperti halnya bintang kpop lainnya, Moonbin biasa tampil di reality show TV dan acara kompetisi.

Dia menjadi pembawa acara serial MBC Show Champion dan muncul di Saturday Night Live Korea. Sebagai seorang aktor ia tampil di sejumlah drama web dan memiliki peran penting dalam serial televisi Boys Over Flowers (2009) dan Moment of Eighteen (2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com