Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shakira Jasmine Sebut Pekerjaan Musisi Masih Kerap Dipandang Sebelah Mata

Kompas.com - 09/03/2023, 21:23 WIB
Vincentius Mario,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Shakira Jasmine menyatakan pendapatnya soal pekerjaan sebagai musisi di Hari Musik Nasional yang jatuh pada hari ini, Kamis (9/3/2023).

Sebagai penyanyi muda yang masih merintis karier di dunia musik Indonesia, Shakira mengakui pekerjaan musisi masih kerap dipandang sebelah mata.

"Tentu pandangan itu pasti ada sampai saat ini. Makanya aku mengajak, semoga adik-adik atau siapa pun kalian yang mau jadi musisi, listen to your heart. Perjuangan kalian pasti akan selalu berdampak," kata Shakira dalam konferensi pers di kawasan Sarinah, Kamis.

Baca juga: Arti Hari Musik Nasional bagi Stevan Pasaribu dan Shakira Jasmine

Menurut Shakira, pandangan pesimistis tentang karier sebagai musisi akan perlahan mengecil seiring tekad dan kerja keras.

"Kalau kita sudah bertekad, konsisten melaksanakan hal yang kita sukai, kesejahteraan itu akan jadi dampak dari kerja keras kita. Aku sendiri sebagai musisi bangga," ucap Shakira.

Shakira Jasmine bersyukur melihat musik Indonesia yang saat ini terus berkembang dengan beragam genre.

Baca juga: Harapan Armand Maulana di Hari Musik Nasional, Penegakan Hukum Hak Cipta Lagu Lebih Digencarkan

"Aku senang, musisi Indonesia sekarang berkembang banget, termasuk dari musik. Mereka lebih menunjukkan musik dari hatinya sendiri. Aku berharap, genre ini kan banyak, aku harap apa pun musiknya selagi masih bisa dinikmati, nikmati aja. Itu tetap musik," tutur Shakira.

Di Hari Musik Nasional ini, Shakira Jasmine turut manggung diiringi orkestra dari sekolah Santa Theresia yang terdiri dari 32 siswa SD hingga SMA di Anjungan Sarinah, Jakarta, Kamis.

Tak sendirian, Shakira hadir bersama artis Musica Studio's lainnya, yaitu Stevan Pasaribu, Difki Alief dan Putri.

Baca juga: Maknai Hari Musik Nasional, Armand Maulana: Musik Indonesia Sampai Detik Ini Tidak Pernah Turun

Di lagu pertama, Stevan, Shakira, Difki dan Putri membawakan "Indonesia Raya" diiringi oleh Santa Theresia Orkestra.

Kemudian lagu "Wonderland Indonesia" dimainkan oleh mereka, menambah suasana perayaan Hari Musik Nasional semakin semarak.

Beberapa lagu terkenal juga tak dilewatkan dalam penampilan mereka seperti "Jangan Menyerah", "Laskar Pelangi", "Anak Sekolah", "Bebas" hingga "Jamrud Khatulistiwa".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com