Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Dibicarakan, Intip 4 Lokasi Syuting Film Horor Indonesia

Kompas.com - 05/08/2022, 12:10 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Lokasi syuting film biasanya menjadi tempat yang membuat penasaran. Tak hanya film bergenre drama yang lokasi syutingnya banyak didatangi dan dicari, lokasi film dengan genre horor juga tak kalah memikat, terutama bagi mereka penggemar film horor.

Tak sedikit lokasi syuting film horor yang kemudian menjadi populer dan dikunjungi orang. Penasaran dengan lokasi syuting asli dari beberapa film horor terkenal? Berikut diantaranya.

Pengabdi Setan 2

Rumah susun (rusun) di belakang Pasar Sumber Arta, Bintara Jaya, Bekasi Barat sempat viral di media sosial dan disebut sebagai lokasi syuting film Pengabdi Setan 2: Communion.

Sutradara Joko Anwar perlu waktu berbulan-bulan untuk mencari rusun ini sebagai latar film Pengabdi Setan 2: Communion.

Bangunan itu diketahui telah terbengkalai selama 15 tahun.

Pengabdi Setan

Sebelum rusun di daerah Bekasi menjadi sorotan, lokasi syuting film Pengabdi Setan yang dirilis tahun 2017 juga pernah jadi incaran untuk dikunjungi.

Baca juga: Menyusuri Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2: Communion Lebih Dalam

Berlokasi di kawasan PTPN VIII, Kampung Kertamanah, Desa Margamuksi, Pengalengan, Bandung, rumah tua dengan dinding kayu itu menjadi gambaran depan rumah tempat tinggal 'Ibu', sementara lokasi syuting menggunakan rumah kosong tepat di belakang rumah tersebut.

KKN di Desa Penari

Jembatan Plunyon Kalikuning di Sleman, Yogyakarta yang viral karena menjadi salah satu lokasi syuting film KKN di Desa Penari.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jembatan Plunyon Kalikuning di Sleman, Yogyakarta yang viral karena menjadi salah satu lokasi syuting film KKN di Desa Penari.

Walaupun desa yang menjadi lokasi asli dalam cerita KKN di Desa Penari dirahasiakan, tapi tak mengurangi antusiasme masyarakat untuk melihat lokasi syuting film KKN di Desa Penari.

Terlepas dari rumor yang ramai menyebut lokasi dalam cerita KKN di Desa Penari ada di salah satu kota di Jawa Timur, lokasi syuting film ini sendiri dilakukan di kota Yogyakarta.

Lokasinya di sebuah rumah di tengah perkebunan Pedukuhan Ngluweng, Kalurahan Ngleri, Kapanewon Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Rumah ini sendiri disebut sudah tak ditempati lagi setelah selesai digunakan syuting.

Selain tempat tersebut, lokasi syuting film KKN di Desa Penari yang terkenal adalah jembatan Plunyon, Kalikuning yang terletak di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. 

Jembatan ini menjadi tempat saat para mahasiswa KKN pertama kali sampai di Desa Penari. 

Baca juga: 3 Fakta Menarik Lokasi Syuting KKN di Desa Penari, Mirip dengan Lokasi Asli?

Lawang Sewu: Dendam Kuntilanak

Film horor yang dibintangi Thalita Latief ini menggunakan lokasi syuting di Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah.

Lawang Sewu merupakan bangunan perkantoran yang terletak di seberang Tugu Muda, Semarang.

Banyak cerita seram yang dipercaya oleh masyarakat dan beredar luas tentang tempat yang dibangun Belanda dan selesai pada tahun 1919 itu.

Film Lawang Sewu: Dendam Kuntilanak sendiri dibuat berdasar legenda urban hantu Belanda di Lawang Sewu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com