Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusuri Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2: Communion Lebih Dalam

Kompas.com - 05/08/2022, 10:27 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Pengabdi Setan 2: Communion menjadi salah satu yang paling dinantikan penggemar film horor di Tanah Air.

Trailer perdana Pengabdi Setan 2: Communion yang dirilis melalui kanal YouTube Rapi Films berhasil mencuri perhatian banyak orang.

Sama seperti film pertama Pengabdi Setan (2017), Pengabdi Setan 2: Communion (2022) menyisakan tanda tanya besar mengenai rumah susun (rusun) yang dijadikan sebagai latar film paling dominan.

Setelah film yang dibintangi Tara Basro itu tayang di IMAX pada 30 Juli 2022, banyak penonton yang memperbincangkan soal rusun tersebut melalui media sosial mereka.

Baca juga: Profil Ratu Felisha, Wajah Baru dalam Pengabdi Setan 2: Communion

Pertanyaan mengenai latar belakang, apakah benar tidak berpenghuni selama 15 tahun terakhir, hingga suasana asli rusun tersebut selalu muncul dalam pikiran mereka.

1. Latar belakang Rusun

Jauh sebelum diterapkan sebagai lokasi syuting Pengabdi Setan 2: Communion, bangunan tersebut dijadikan untuk rumah susun sederhana milik (rusunami).

Berlokasi satu kawasan dengan Pasar Sumber Arta Bekasi Barat, rusunami itu merupakan salah satu proyek dari program 1.000 tower era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dicanangkan sejak 5 April 2007.

"Rusunami. Ini diperuntukkan 1.000 tower, pencanangan 1000 tower. 1.000 tower kan di Bandung ada, waktu zamannya Menpera dari PKS kalau enggak salah," ungkap Koordinator Pasar Sumber Arta, Slamet, saat ditemui di rusunami, Kamis (4/8/2022).

Slamet juga mengungkapkan kapan rusunami yang terdiri dari 15 lantai tersebut mulai dibangun.

Baca juga: Petugas Keamanan Rusun Cerita Saat Syuting Pengabdi Setan 2 Berjalan, Katanya...

"Mulai dibangun 2007 dan mulai diberhentikan untuk pembangunan sejak lama," ucap pria yang sudah bertugas sejak 2007 itu.

Namun Slamet tidak bisa mengungkapkan alasan rusunami dihentikan pembangunannya.

2. 15 tahun tak berpenghuni?

Tara Basro dalam jumpa pemutaran trailer perdana Pengabdi Setan 2: Communion di XXI Epicentrum pada Kamis (16/6/20222) mengatakan, rusun tersebut sudah tidak berpenghuni sejak 15 tahun terakhir.

Tetapi, Slamet menjelaskan, ada perajin bingkai yang sudah menjadikan rusun itu tempat bekerja sejak lima tahun terakhir.

Selain itu, beberapa ruangan diisi oleh pedagang Pasar Sumber Arta yang memang tinggal di lantai 2 rusunami.

Selebihnya, untuk lorong seperti yang digambarkan dalam film Pengabdi Setan 2: Communion, memang tidak terisi hingga lantai 15.

Baca juga: Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2 Ternyata Dulu Program 1.000 Tower

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com