Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baim Wong Ungkap Awalnya Hanya Niat Buat Pagelaran Citayam Fashion Week, Bukan Daftar HAKI

Kompas.com - 26/07/2022, 10:40 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor sekaligus YouTuber Baim Wong mengklarifikasi tindakannya mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Disebutkan Baim, niat awalnya bukan mau mendaftarkan Citayam Fashoon Week sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Namun, Baim mau membuat pagelaran Citayam Fashion Week yang lebih besar.

Baca juga: Baim Wong Lepas Citayam Fashion Week

“Saya mulai dari awal aja. Malah ide awalnya sebenarnya bukan HAKI. Idenya itu kita buat adain suatu pagelaran atau enggak kompetisi supaya Citayam Fashion Week ini ada dan enggak cuma gini aja,” ujar Baim Wong dikutip dari Instagram-nya, Selasa (26/7/2022).

Setelah mencari ide membuat event itu, Baim lalu mencari siapa yang punya HAKI dari Citayam Fashion Week.

“Kita mencari awalnya siapa yang punya HAKI-nya ya. Cuma sebelum nanya HAKI, saya lihat pertama kali WhatsApp Bonge tanggal 20 Juli jam 09.00 pagi,” ucap Baim.

Baca juga: Polemik Baim Wong Daftarkan Merek Citayam Fashion Week

“Ini pertama kali kita menanyakan jam 12.00 WIB pertama kali saya untuk menanyakan HAKI. Jadi kalau saya tipikalnya saya mau ambil gitu aja hak orang, enggak saya nanya dulu ke Bonge,” lanjut Baim.

Niat Baim menanyakan HAKI untuk minta izin membuat event Citayam Fashion Week yang lebih besar.

Ternyata Citayam Fashion Week tak memiliki HAKI. Sehingga Baim berniat untuk membuat HAKI-nya.

Baca juga: Pendapat Para Remaja SCBD soal Baim Wong Daftarkan Merek Citayam Fashion Week

“Karena kalau HAKI itu ada, saya mau izin sesimpel itu, boleh enggak yuk kita buat bareng. HAKI enggak ada yang punya, makanya kita bikin HAKI-nya. Bukan kita ambisius mau ambil hak Citayam Fashion Week,” ucap Baim.

Baim mengatakan, mendaftarkan HAKI karena khawatir kena denda saat akan membuat event atau pagelaran Citayam Fashion Week.

Namun, Baim tak menyangka pendaftaran merek Citayam Fashion Week itu justru menjadi polemik.

Baca juga: Nasihati Baim Wong, Ridwan Kamil: Tidak Semua Urusan di Dunia Ini Harus Selalu Dilihat dari Sisi Komersial

Oleh karena itu, Baim memohon maaf karena kegaduhan yang dibuatnya.

“Siapa pun yang bersangkutan di sini jangan salahkan ya. Salah kan aja semua ke kita semua karena kita belum tahu mengenai semua itu kayak domain publik, atau apa pun itu. Kita takutnya ketika kita buat acara Citayam Fashion Week ketika ada yang punya kita denda,” kata Baim.

“Takutnya itu aja. Makanya kita cari siapa yang punya ketika enggak ada kita yang ini malah salahnya di situ. Maaf banget saya enggak tahu,” tutur Baim.

Baca juga: Pesan Ridwan Kamil kepada Baim Wong soal Citayam Fashion Week: Biarkan Tetap Slebew

Sebagai informasi, PT Tiger Wong Entertainment tercatat mengajukan permohonan kekayaan intelektual untuk merek Citayam Fashion Week pada 20 Juli 2022 dengan nomor pendaftaran JID2022052181.

Di laman resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) dituliskan "Citayam Fashion Week" sebagai barang atau jasa dengan deskripsi sebagai berikut:

"Citayam Fashion Week akan jadi layanan hiburan yaitu menyediakan podcast di bidang mode, layanan pelaporan berita di bidang fashion, menyediakan video online yang tidak dapat diunduh di bidang mode, organisasi peragaan busana untuk tujuan hiburan, pelaksanaan pameran, peragaan busana, dan pameran kebudayaan untuk tujuan hiburan.

Citayam Fashion Week akan menjadi peragaan busana untuk keperluan pertunjukan, perencanaan pesta (hiburan) untuk acara promosi sehubungan dengan peragaan busana, produksi program televisi di bidang mode untuk tujuan hiburan, publikasi majalah mode untuk tujuan hiburan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com