Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saling Beradu, Begini Argumen Penutup Pengacara Johnny Depp dan Amber Heard

Kompas.com - 01/06/2022, 13:00 WIB
Firda Janati,
Dian Maharani

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak tujuh juri telah mendengar argumen penutup dalam sidang putusan Johnny Depp dan Amber Heard yang digelar pada Selasa (31/5/2022).

Menuju penutupan sidang, kedua belah pihak melalui kuasa hukum saling beradu argumen.

Mereka mengatakan kepada juri bahwa putusan yang menguntungkan akan mengembalikan nama baik klien mereka.

Baca juga: Sidang Putusan Johnny Depp dan Amber Heard Bakal Dilanjut Hari Ini

Pengacara Johnny Depp, Camille Vasquez meminta Hakim Penney Azcarate untuk menginstruksikan juri agar mengabaikan sebagian dari argumen penutup yang dibuat oleh pengacara Heard.

Dalam mosi tertulis, pengacara Heard, Benjamin Rottenborn mengatakan kepada juri bahwa keputusannya dalam kasus ini akan mengirim pesan kepada setiap korban kekerasan dalam rumah tangga di manapun.

Benjamin mengatakan, putusan yang memihak pada Heard akan mengirim pesan bahwa apapun yang Anda lakukan sebagai korban pelecehan, harus selalu berbuat lebih banyak.

Baca juga: 5 Momen Unik Selama Sidang Johnny Depp dan Amber Heard

"Tidak peduli seberapa jujur Anda tentang ketidaksempurnaan Anda sendiri dan kekurangan Anda sendiri dalam suatu hubungan, Anda harus sempurna agar orang-orang mempercayai Anda. Jangan kirim pesan itu," kata Benjamin Rottenborn dilansir dari Washington Times, Rabu (1/6/2022).

Sementara Camille Vasquez selaku pengacara Depp berpendapat bahwa argumen Rottenborn secara tidak tepat meminta juri untuk fokus pada tujuan sosial justru lebih besar daripada kasus yang diputuskan.

"Argumen seperti itu secara tidak pantas mengundang juri untuk memutuskan kasus 'berdasarkan hasrat dan prasangka' dan instruksi juri khusus diperlukan untuk menyembuhkan ketidakpantasan ini," kata Camille.

Baca juga: Disiarkan Langsung, Ini Cara Nonton Sidang Johnny Depp dan Amber Heard

Hakim mengatakan kepada pengacara Depp di pengadilan bahwa dia tidak akan menerima mosi tersebut karena kasusnya ada di tangan juri sekarang.

Sidang putusan Depp dan Amber belum berakhir vonis. Juri meminta waktu untuk bermusyawarah kembali.

Sidang akan dilanjutkan pada hari ini, Rabu (1/6/2022) pukul 09.00 waktu setempat atau sekitar 20.00 WIB.

Adapun selama enam minggu ke belakang ini, mantan suami istri, aktor Johnny Depp dan Amber Heard menjadi topik perbincangan hangat.

Masalah bermula ketika Amber Heard membuat opini eksklusif di op-ed Washington Post 2018 dan mengklaim dirinya sebagai figur publik penyintas kekerasan dalam rumah tangga.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Amber Heard jika Johnny Depp Menang di Pengadilan?

Tidak terima dengan ucapan Amber, Johnny Depp mengajukan gugatan pada mantan istrinya itu atas kasus pencemaran nama baik sebesar 50 juta dollar AS atau setara Rp 726 miliar.

Johnny Depp merasa dirugikan karena kariernya mulai merosot sejak dituding melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) oleh mantan istrinya.

Johnny Depp juga menuduh Amber berselingkuh dengan Elon Musk sejak awal bulan mereka menikah pada tahun 2015.

Selanjutnya, Amber Heard menggugat balik Johnny Depp sebesar 100 juta dolar AS atau setara Rp 1,4 triliun.

Amber Heard merasa pengakuannya sebagai korban KDRT dianggap hoaks oleh pengacara Johnny Depp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com