Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi pada Amber Heard jika Johnny Depp Menang di Pengadilan?

Kompas.com - Diperbarui 31/05/2022, 11:28 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Sidang gugatan pencemaran nama baik Johnny Depp terhadap mantan istrinya, aktris Amber Heard atas sebuah opini yang dia tulis di The Washington Post akan segera berakhir.

Nasib Johnny Depp dan Amber Heard dan apakah kedua belah pihak akan bertanggung jawab atas kerugian jutaan dolar dalam kasus pencemaran nama baik duel mereka ada di tangan juri Virginia.

Johnny Depp menggugat mantan istri Amber Heard atas pencemaran nama baik terkait sebuah op-ed, yang diterbitkan di Washington Post pada tahun 2018.

Tim hukumnya telah mengklaim pembayaran kompensasi 50 juta dolar AS (sekitar Rp 730 miliar) untuk kerusakan yang disebabkan oleh opini tersebut.

Di sisi lain, Amber menggugat balik Depp sebesar 100 juta dolar AS (sekitar Rp 1,4 triliun), mengklaim bahwa aktris tersebut difitnah oleh Depp.

Tujuh juri yang mengawasi persidangan di Fairfax akan memutuskan apakah Heard, mencemarkan nama baik Depp ketika dia menulis artikel opini Washington Post 2018 yang menyebut dirinya "figur publik yang mewakili kekerasan dalam rumah tangga."

Baca juga: Disebut Tak Sebanding dengan Johnny Depp, Berapa Kekayaan Amber Heard?

Juri juga harus menentukan apakah Amber harus menanggung kerugian jutaan dolar.

"Juri akan menentukan ganti rugi untuk klaim dan tuntutan balik," sumber yang dekat dengan tim hukum Heard mengatakan kepada The Post.

"Jika juri menemukan Amber bertanggung jawab atas Tuan Depp, itu akan menentukan ganti rugi," imbuhnya. Demikian juga sebaliknya jika ternyata Depp yang harus bertanggung jawab. 

Tapi, bintang Aquaman itu tidak akan menghadapi risiko hukuman penjara karena dia tidak menghadapi tuntutan pidana, hanya tuntutan perdata.

Kasus perdata dimaksudkan untuk memberikan kompensasi kepada orang yang dirugikan daripada menghukum terdakwa.

Jika terdakwa kalah dalam kasus perdata, mereka tidak dihukum karena kejahatan, seperti dalam kasus pidana, dan mereka tidak menghadapi penjara – bahkan jika mereka ditemukan bertanggung jawab atas tindakan yang merupakan tindakan pidana.

Ada juga kemungkinan bahwa juri tidak dapat dibujuk oleh kedua belah pihak dan menentukan bahwa baik Depp maupun Heard tidak akan diberikan ganti rugi.

Baca juga: Beri Argumen Penutup, Camille Vasquez Sebut Amber Heard Akting Selama Sidang

"Juri memutuskan ganti rugi dan ya ada kemungkinan tidak ada ganti rugi yang diberikan," kata juru bicara Depp.

Jika juri tidak menemukan Heard harus terlibat dalam kasus Depp, dia berhak untuk penggantian biaya hukum dari Depp.

Jumlah itu akan ditentukan oleh hakim di kemudian hari, kata sumber tersebut.

Argumen penutup ditetapkan pada 27 Mei 2022 dan juri dapat mulai mempertimbangkan nasib pasangan yang itu segera setelahnya yang diperkirakan akan dilakukan pada Selasa (31/5/2022).

Sementara itu, jika Amber dinyatakan menang, maka Johnny Depp dapat mengajukan banding atas putusan juri, tetapi mungkin akan sia-sia kecuali dia memiliki bukti baru terhadap mantan istrinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com