Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuasa Hukum Beberkan Hal yang Diperiksa Majelis Hakim di Rumah Faisal

Kompas.com - 25/03/2022, 17:47 WIB
Melvina Tionardus,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa hukum Faisal, Sandy Arifin membeberkan hal-hal yang diperiksa Majelis Hakim Pengadilan Agama (PA) Jakarta Barat dan jajarannya di rumah kliennya saat sidang descente, Jumat (25/3/2022).

Sidang descente atau pemeriksaan di tempat dilaksanakan dengan meninjau langsung kondisi Gala Sky Andriansyah yang tinggal di rumah Faisal, di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Intisari dari yang disampaikan majelis hakim tadi adalah melihat kondisi psikologis daripada anak, melihat interaksi anak pada orang lain," ujar Sandy Arifin, Jumat.

Majelis halim dan jajarannya juga memeriksa situasi ruang-ruang yang dipakai Gala Sky Andriansyah.

"Melihat kamar daripada Gala Sky, tempat tidur, kamar mandi, pendidikan, tempat permainan, dan melihat interaksi pada hari ini," kata Sandy Arifin.

Baca juga: Mayang Menangis Akhirnya Bisa Bertemu Gala Lagi

Selain diamati secara langsung, majelis hakim dan jajarannya juga mencatat tangan semua pengamatan mereka.

"Majelis hakim melihat dan mencatat itu semua baik secara visual maupun dicatat secara manual. Jadinya, sidang kali ini hanya itu saja. Tidak ada jawab menjawab antara prinsipal dengan prinspal," ujar Sandy.

Sementara itu, Faisal sebagai penggugat mengatakan, ia sebenarnya sudah menyiapkan makanan dan minuman untuk majelis hakim dan jajarannya.

Namun, sesuai aturan pihak pengadilan tidak diperbolehkan untuk menyantapnya.

Baca juga: Faisal Ungkap Gala Sky Dipangku Doddy Sudrajat Saat Bertemu di Rumahnya

Keluar dari rumah Faisal, majelis hakim yang mengenakan kartu tanda pengenal bernama Drs. H. Fauzi, M.H.I enggan memberikan pernyataan.

Besan Faisal, Doddy Sudrajat yang merupakan pihak tergugat juga hadir dalam sidang descente bersama anak keduanya, Mayang.

Sidang penetapan hak perwalian Gala Sky Andriansyah tinggal dua kali lagi digelar.

Sidang kesimpulan tanggal 30 Maret dan sidang putusan tanggal 13 April 2020. Dua sidang tersebut akan dilaksanakan secara online.

Baca juga: Doddy Sudrajat Jenguk Gala Sky, Faisal: Saya dan Besan Hanya Bersalaman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com