Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Bara (The Flame) Ajak Masyarakat Lindungi Hutan Adat di Indonesia

Kompas.com - 26/11/2021, 15:28 WIB
Melvina Tionardus,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - IdeaFest 2021 mulai diselenggarakan hari ini, Jumat (26/11/2021).

Salah satu acaranya adalah pemutaran film dokumenter Bara (The Flame) yang merupakan hasil kolaborasi Yayasan Dian Sastrowardoyo dan merek busana Sejauh Mata Memandang.

Bara disutradarai oleh Arfan Sabran dan diproduseri Gita Fara.

Berkisah tentang kehidupan nyata seorang pria lanjut usia bernama Iber Djamal (77 tahun) sebagai penduduk asli Kalimantan yang mempertaruhkan sepanjang hidupnya untuk mendapatkan hak waris hutan adatnya.

Baca juga: Jang Ki Yong Jalani Wajib Militer, Dian Sastro: Buat yang Ditinggal Besok, yang Tabah Ya

Film ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan berbagai isu penting lingkungan hidup, khususnya pelestarian hutan adat di berbagai wilayah.

Dalam sesi diskusi di M Bloc, Jakarta Selatan, Jumat, artis Dian Sastrowardoyo mengatakan edukasi adalah salah satu pilar utama dari yayasannya.

"Penting sekali kita pahami bahwa masalah lingkungan hidup, deforestasi hutan, dan perubahan iklim ekstrim itu adalah masalah serius, sehingga kita perlu mencegahnya dengan melakukan tindakan nyata," kata Dian Sastro.

Baca juga: Dian Sastro Menangis Haru Greysia Polii/Apriyani Rahayu Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo

Arfan menambahkan, Bara memperlihatkan sisi lain kehidupan masyarakat adat Kalimantan dari generasi paling terdahulu hingga saat ini.

"Harapan saya, film ini dapat menginspirasi para penonton Indonesia dan dapat diterima dengan baik oleh para penggemar film dokumenter tentang problematika perlindungan tanah adat yang layak mendapat perhatian kita," ujar Arfan.

Film ini mengajak pula masyarakat agar turut serta dalam upaya melindungi lingkungan hutan adat di Indonesia, antara lain di DKI Jakarta, DIY Yogyakarta, Makassar, dan Palangkaraya.

Baca juga: Dian Sastro: Gue Tahu Karier di Dunia Hiburan Ada Umurnya

Bara (The Flame) akan tayang secara eksklusif di beberapa kota besar di Indonesia mulai akhir November 2021 dan untuk daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh bioskop melalui pemutaran film dan diskusi yang mendalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com