Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buntut Gugatan Rp 38 Miliar, KeyEast dan Staf Produksi River Where The Moon Rises Saling Serang

Kompas.com - 03/04/2021, 13:07 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Soompi

JAKARTA, KOMPAS.com- Dituding tak kooperatif terkait kompensasi atas mundurnya Ji Soo setelah terlibat skandal bullying dari drama River Where the Moon Rises, agensi KeyEast Entertainment kini angkat bicara.

Agensi Ji Soo itu membantah tudingan Victory Contents sebagai tim produksi drama yang menyebut mereka tidak kooperatif dalam penyelesaian masalah Ji Soo.

"Setelah tuduhan kekerasan di sekolah muncul terhadap Ji Soo, kami berpartisipasi dalam diskusi yang erat dengan Victory Contents dan KBS," kata KeyEast.

"Ji Soo dengan cepat meminta maaf tanpa basa-basi, dan meskipun tidak ada yang terbukti terkait tuduhan tersebut, dia ingin menghindari kerugian lebih lanjut pada drama tersebut," imbuh mereka.

Baca juga: Tim Produksi River Where the Moon Rises Gugat Ji Soo dan KeyEast Rp 38 Miliar

KeyEast mengatakan, mereka bersimpati dengan kesulitan staf produksi dan telah menyatakan niat mereka untuk bertanggung jawab atas biaya yang wajar terkait dengan syuting ulang.
Namun, Victory Contents gagal memberikan bukti konkret untuk biaya yang telah mereka hitung, jadi KeyEast meminta agar perusahaan memberi mereka penyelesaian terperinci.

Karena ini akan memakan waktu lama, mengingat dramanya masih dalam proses syuting, agensi menawarkan pembayaran di muka untuk membantu mereka.

KeyEast menegaskan kembali, mereka telah dengan sungguh-sungguh bekerja sama dalam semua diskusi dengan Victory Contents dan KBS sambil meminta arbitrase yang objektif.

Menanggapi KeyEast, Victory Contents mengeluarkan pernyataan lain. Victory Contents mengatakan, meskipun KeyEast telah berjanji untuk bertanggung jawab secara moral untuk biaya sewajarnya, agensi tersebut terus mengutip "kurangnya bukti konkret" dan "pembatasan menjadi perusahaan yang terdaftar" dalam negosiasi mereka.

Baca juga: Na In Woo Muncul Gantikan Ji Soo, Rating River Where The Moon Rises Tak Mengecewakan

Victory Contents mengatakan bahwa kerusakan mereka sangat parah karena mereka harus mengulang 18 episode tanpa dapat merilis enam episode pertama baik di Korea maupun di luar negeri.

Perusahaan mengatakan, KeyEast telah mementingkan diri sendiri dan angkuh dalam menjanjikan "tanggung jawab moral" untuk "biaya yang wajar" dalam terang "bukti konkret".

Meskipun drama masih dalam proses syuting dan beberapa kontrak dengan aktor dan agensi lain harus dirahasiakan, Victory Contents setuju untuk membagikan rincian apa yang mereka dapat tentang biaya mereka.

Namun, KeyEast terus meminta penyelesaian terperinci, dan Victory Contents akhirnya menuduh mereka mencoba mengulur waktu.

Baca juga: KBS Umumkan Ji Soo Mundur dari Drama River Where the Moon Rises

"Ini cukup untuk membuat kami curiga apakah agensi benar-benar menyadari seberapa serius masalahnya," kata Victory Content.

"Jika KeyEast, yang harus memikul semua tanggung jawab atas situasi ini, memiliki keinginan yang tulus untuk menyelesaikan masalah, mereka harus menyatakan dengan jelas niat mereka untuk mengambil tanggung jawab penuh dan berpartisipasi dalam negosiasi dari posisi tersebut," imbuh Victory Content.

Akhirnya, KeyEast mengeluarkan tanggapan lain yang mengatakan bahwa mereka tidak akan lagi membuat pernyataan pers untuk kepentingan drama.

Karena perseteruan mereka hanya akan mendatangkan kerugian lebih besar nantinya.

"Oleh karena itu, kami telah memutuskan untuk menahan diri sebanyak mungkin dari pernyataan media lebih lanjut tentang masalah ini hingga drama tersebut selesai ditayangkan," kata KeyEast yang berniat melanjutkan diskusi dan penyelesaian secara damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com