Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesal Tak Masuk Nominasi Grammy Awards, Zayn Malik Sindir Grammy

Kompas.com - 10/03/2021, 07:51 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Billboard

JAKARTA, KOMPAS.com- Zayn Malik buka suara di Twitter tepat lima hari sebelum Grammy Awards ke-63.

Penyanyi 28 tahun itu mengekspresikan rasa frustasinya di Twitter terhadap proses pemungutan suara untuk nominasi Grammy Awards.

Recording Academy baru-baru ini menjelaskan, masing-masing kategori yang diulas komite peninjau nominasi, disajikan dengan daftar alfabetis dari pengambil suara teratas oleh pemilih rangking dan berkas.

Baca juga: BTS Tampil di Grammy Awards 2021 dan Dinobatkan Billboard sebagai Artis Pop Terbaik 2020

Mereka kemudian mendengarkan, berdiskusi, dan memberikan suara. Suara mereka sendiri yang menentukan nominasi akhir.

"F--- Grammy dan semua orang di asosiasi. Kecuali jika kamu berjabat tangan dan mengirim hadiah, tidak ada pertimbangan nominasi," twit Zayn.

"Tahun depan saya akan mengirimkan kamu sekeranjang penganan," tulisnya lagi.

Kemudian Zayn membuat unggahan baru di Twitter-nya, menegaskan tentang Twit dia sebelumnya yang dimaksudkan bukan untuk perseorangan. 

"Tweet saya tidak bersifat pribadi atau tentang kelayakan tetapi tentang perlunya inklusi dan kurangnya transparansi proses nominasi dan ruang yang menciptakan dan memungkinkan favoritisme, rasisme, dan politik jaringan untuk mempengaruhi proses pemungutan suara," tulis Zayn. 

Sejauh ini Zayn belum menerima nominasi Grammy.

Baca juga: Taylor Swift, Harry Styles, hingga BTS Siap Meriahkan Panggung Grammy Awards 2021

Kolaborasi antara dia dan Taylor Swift "I Don't Wanna Live Forever" dari film Fifty Shades Darker menerima nominasi Grammy 2018 untuk lagu terbaik yang ditulis untuk media visual, tetapi penghargaan diberikan kepada penulis lagu Swift, Jack Antonoff, dan Sam Dew.

Dia dilewatkan untuk mendapatkan penghargaan artis pendatang baru terbaik pada tahun 2017 karena keberhasilannya menjelajahi dunia dengan One Direction, salah satu grup pop paling terkenal dalam dekade terakhir yang secara mengejutkan juga tidak pernah menerima satu pun nominasi Grammy.

Periode persyaratan untuk Grammy 2021 dimulai pada 1 September 2019, dan berakhir pada 31 Agustus 2020.

Baca juga: Tak Dapat Nominasi, The Weeknd Sebut Grammy Awards Korup

Album studio ketiga Zayn, Nobody Is Listening, tidak dapat menerima nominasi Grammy karena dirilis pada 15 Januari 2021.

Bahkan single pertamanya, "Better", tidak akan memenuhi syarat karena dirilis pada 25 September 2020, satu bulan setelah periode persyaratan Grammy berakhir.

Hanya satu mantan anggota 1D yang siap untuk menerima penghargaan Grammy pertamanya tahun ini, dan itu adalah Harry Styles.

Dia dinominasikan dalam tiga kategori: penampilan solo pop terbaik untuk hit Billboard Hot 100 No. 1 pertamanya "Watermelon Sugar", album vokal pop terbaik untuk album keduanya Fine Line, dan video musik terbaik untuk "Adore You".

Zayn bukanlah artis pertama yang memprotes Grammy Awards, sebelumnya, The Weeknd juga memprotes Grammy dan menyebutnya korup. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com