Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raditya Dika Sebut Tak Jadi Komedian Jika Bukan karena Lupus

Kompas.com - 25/11/2020, 17:01 WIB
Rintan Puspita Sari,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi penggemar berat cerita Lupus karya Hilman Hariwijaya, Raditya Dika mengaku banyak dapat inspirasi hingga menjadi pelawak seperti sekarang.

Begitu sukanya dengan cerita Lupus, Raditya Dika sampai rela mampir sebulan sekali ke toko buku Gramedia untuk melihat apakah ada terbitan baru dari Lupus.

"Aku hampir sebulan sekali ke Gramedia buat nyari tahu ada yang baru terbit apa enggak, waktu itu di Gramedia Melawai," kenang Raditya Dika, seperti dikutip dari YouTube Helmy Yahya Bicara, Rabu (24/11/2020).

Meskipun sampai saat ini dia belum pernah bertemu sosok Hilman Hariwijaya, bagi Raditya Dika, Lupus memiliki peran penting dalam kariernya sekarang.

Pasalnya, Lupus menjadi awal Raditya Dika jatuh cinta pada dunia komedi.

Baca juga: Cerita Raditya Dika Beri Nama Diri Sendiri Saat Kelas 4 SD

"Aku enggak tahu, kalau misalnya zaman aku kecil enggak baca Lupus, mungkin aku enggak jadi komedian juga sih," ujar penulis buku Kambing Jantan itu.

Dari Lupus, Raditya Dika belajar bagaimana dan apa yang bisa membuatnya tertawa dari sebuah cerita.

Kemudian, dari pembelajaran itulah Radit menyimpulkan dalam sebuah komedi harus ada obyek yang diangkat.

"Pas masih SD tuh, aku mikir 'nih kenapa gue ketawa?' Oh gue ketawa karena si Lupus ini membandingkan dirinya antara dua hal yang sangat bertolak belakang dengan menjadikan dirinya obyek tertawaannya dia," ucap Raditya Dika.

"Berarti kalau gue mau kayak gitu, gue harus menjadikan diri gue sebagai obyek kan, karena komedi butuh obyek," kata Radit melanjutkan.

Berangkat dari cerita Lupus juga, kemudian Raditya Dika memilih menjadikan dirinya sendiri sebagai obyek komedi dibanding harus menggunakan orang lain sebagai bahan tertawaan.

Baca juga: Mantan Terlihat Lebih Menarik Setelah Putus, Ini Kata Deddy Corbuzier dan Raditya Dika

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com