Kompas.com - 25/11/2020, 13:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terlahir dengan nama Dika Angkasaputra Moerwani Nasution, ada cerita di balik nama yang hingga kini digunakan penulis dan komika Raditya Dika.

Nama Raditya sebenarnya berasal dari ide pria kelahiran 1984 itu saat masih duduk di bangku kelas empat Sekolah Dasar (SD).

"Pas kelas 4 SD aku baca buku ada bahasa Sansekerta namanya Raditya, artinya matahari," kata Raditya Dika dikutip dari YouTube Helmy Yahya Bicara, Rabu (25/11/2020).

Terinspirasi akan arti nama yang ditemukannya dari buku itu membuat Raditya Dika meminta izin pada orangtuanya untuk menggunakan nama tersebut.

Baca juga: Mantan Terlihat Lebih Menarik Setelah Putus, Ini Kata Deddy Corbuzier dan Raditya Dika

"Terus aku pulang sekolah bilang ke mama, ke orangtua, 'ma, kayaknya namaku kalau diganti jadi Raditya aja bagus deh'. Terus mamaku, 'ya udah boleh'. Udah habis itu berubah sampai sekarang," ujar Raditya Dika.

Terkenang masa kecilnya yang memberi ide untuk menggunakan nama lain setelah membaca buku, Raditya Dika mengaku memang sudah memiliki hobi membaca sejak kecil.

Hal itu lantaran sejak kecil dia sering ditinggal ibunya bekerja, dan dibekali buku untuk mengisi waktu.

Sejak kelas empat SD itu juga Raditya Dika sudah sering membuat buku komedi yang diberikan pada teman-teman sekelasnya.

Baca juga: Raditya Dika Sebut Anak Pertamanya Mulai Cemburu pada Adiknya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.