Kompas.com - 25/11/2020, 16:45 WIB
Rifat Sungkar saat diwawancarai awak media di Jakarta Golf Club, Jakarta, Rabu (11/3/2020). KOMPAS.com/MUTHIAH NURAINI SRifat Sungkar saat diwawancarai awak media di Jakarta Golf Club, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Rifat Sungkar dan artis peran Sissy Prescillia sedang berduka.

Ayah Rifat, Helmy Sungkar, yang juga salah satu tokoh otomotif Indonesia meninggal dunia karena penyakit stroke, Selasa (25/11/2020).

Mengenang sang ayah, Rifat berseloroh bahwa Helmy Sungkar bisa disebut sebagai Pahlawan Nasional.

“Dia udah banyak berjasa untuk negara ini sebetulnya karena berkali-kali mengukir prestasi internasional, bikin event yang sangat besar bahkan skala dunia untuk Indonesia," ungkap Rifat Sungkar dikutip Kompas.com lewat kanal YouTube Cumicumi, Rabu (25/11/2020).

"Jadi apresiasi itu mungkin harusnya bisa jadi catatan sejarah Indonesia. Kalau dibilang pahlawan nasional balap Indonesia, ya bisa dibilang orangnya papa saya,” kata Rifat lagi.

Baca juga: Kenang Sang Mertua, Sissy Prescillia: Papa Helmy Sungkar Sangat Kuat, Kayak Superhero

Dengan nada sedih, Rifat Sungkar hendak meneruskan perjuangan sang ayah untuk menjadi promotor balap dan memajukan dunia otomotif Tanah Air.

“Kebaikan yang udah dia tanam, kita yang petik. Saya enggak akan lupa kebaikan itu dan saya akan teruskan ke generasi berikutnya,” tuturnya.

Lebih jauh, menurut Rifat Sungkar, Indonesia harus berterima kasih kepada mendiang ayahnya atas jasanya di dunia otomotif.

"Kalau ditanya Indonesia punya utang jasa sama seseorang untuk dunia otomotif khususnya balapan, ya mungkin dia adalah orang yang paling berjasa di Indonesia untuk event-event otomotif," kata Rifat.

Baca juga: Helmy Sungkar Meninggal Dunia, Rifat Sungkar: Kita Sudah Lakukan yang Terbaik

Sebagai informasi, tokoh otomotif Tanah Air, Helmy Sungkar mengembuskan napas terakhirnya, Selasa (24/11/2020), pukul 06:10 WIB.

Mendiang Helmy Sungkar diketahui sempat jadi promotor beberapa event balap nasional.

Sejak jatuh sakit, Helmy Sungkar terpaksa mundur sebagai promotor balap nasional.

Sebelumnya pada Oktober 2014, Helmy Sungkar dengan resmi mundur dari arena olahraga otomotif nasional karena faktor kesehatan.

Baca juga: Berlinang Air Mata, Sissy Prescillia Ungkap Keinginan Mertua yang Belum Diwujudkannya


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X