Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jimi Hendrix sampai John Lennon, Musisi Terkenal yang Memprediksi Kematian Mereka Sendiri

Kompas.com - 12/10/2020, 17:35 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Begitu banyak hal menyelimuti seputar kehidupan musisi terkenal di dunia, mulai dari gagasan yang visioner sampai pernyataan mereka yang kontroversial.

Hal-hal seperti itu terkadang membuat para musisi melangkah lebih jauh dalam menulis lagu-lagu tentang makna kehidupan, menyingkap sebuah kebijaksanaan kecil di antara popularitas dan keglamoran.

Tak jarang, perjalanan tersebut justru mengantarkan sang musisi menulis lagu yang memprediksi kematian mereka sendiri.

Banyak lagu yang dibuat musisi terkenal secara spesifik memprediksi kematian mereka sendiri, seperti tanggal, penyebab, dan bahkan detail terkecil dari kematian mereka. 

Berikut adalah musisi terkenal yang bahkan menjadi legenda yang memprediksi kematian mereka sendiri.

Jimi Hendrix

Dua tahun sebelum merilis album debutnya yang inovatif Are You Experienced, tokoh musisi blues modern Jimi Hendrix merekam lagu mitologi dirinya berjudul “The Ballad of Jimi”, topik lagu itu meramalkan kematiannya. 

Lagu dengan potongan lambat bernuansa musik blues - yang direkam Hendrix dengan artis R&B Curtis Knight - tidak pernah muncul di album.

Meski demikian, penggemar menyadari kehadiran lagu itu, terutama karena lagu itu didedikasikan untuk mengenang Jimi Hendrix. 

Setidaknya, terdapat banyak Kalimat seperti "Many things he would try / For he knew soon he'd die (Banyak hal yang akan dia coba / Karena dia tahu segera dia akan mati)”, "Now Jimi's gone, he's not alone / His memory still lives on (Sekarang Jimi pergi, dia tidak sendiri / Ingatannya masih hidup)", dan "Five years, this he said / He's not gone, he's just dead (Lima tahun, ini dia katakan / Dia tidak pergi, dia baru saja mati". 

Kalimat-kalimat tersebut tersebut ada di dalam lirik lagu “The Ballad of Jimi” yang memprediksi kematian dan warisan Jimi Hendrix yang menjadi legenda lima tahun kemudian. 

Gitaris terbaik sepanjang masa ini meninggal pada 18 September 1970 di Notting Hill, London, Inggris, akibat overdosis di usia 27 tahun.

John Lennon 

John Lennon diketahui sempat pensiun dari belenggu ketenaran dan bisnis musik pada tahun 1975, meninggalkan mitos dan legendanya untuk merawat bayi laki-lakinya. 

Hingga lima tahun kemudian, dia kembali ke studio untuk membuat banyak lagu untuk album Double Fantasy. 

Lennon begitu produktif selama periode ini sehingga banyak lagunya tidak diselesaikan.
Setelah kematiannya yang tragis pada 8 Desember 1980, sisa materi lagu akhirnya ditemukan di album anumerta. 

Lagu “Borrowed Time” terinspirasi oleh perjalanan berlayar yang mengerikan, termasuk kalimat " Living on borrowed time without a thought for tomorrow (Hidup dalam waktu yang dipinjam tanpa memikirkan hari esok)" dan dilaporkan sebagai lagu pertama yang direkam setelah Lennon melanjutkan kariernya. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com