Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanye West Habiskan Rp 103 Miliar untuk Kampanye Calon Presiden

Kompas.com - 06/09/2020, 20:16 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Biaya kampanye Kanye West telah menelan biaya hampir 7 juta dolar atau setara Rp 103 miliar.

Jumlah ini menurut pengajuan baru-baru ini ke Komisi Pemilihan Federal.

Sementara, kampanye akbar Kanye West pada awalnya melewatkan tenggat waktu FEC, kampanyenya yang didanai secara mandiri telah mengumumkan pembelanjaannya kepada publik, dengan rincian West sendiri mengeluarkan 6,8 juta dolar untuk menutupi biaya kampanye dari 15 Juli hingga 31 Agustus.

Rapper ini juga menerima sebanyak 11.000 dolar sebagai kontribusi untuk kampanye Kanye West sebagai calon presiden 2020. 

Baca juga: Perseteruan Kanye West dan Kim Kardashian, Tudingan Selingkuh hingga Ucapkan Permintaan Maaf

Menurut Politico, sebagian besar dana Kanye West telah digunakan untuk menyewa konsultan dan agen Republik untuk "layanan akses pemungutan suara" untuk membantu suami Kim Kardashian itu mendapatkan suara di negara bagian yang masih memenuhi syarat, dengan hasil yang tidak merata. 

Sementara, Kanye West telah mendarat di daerah pemungutan suara di Arkansas, Colorado, Oklahoma, Utah, Vermont dan Tennessee, kampanyenya gagal dalam upayanya untuk memenuhi syarat di West Virginia dan Wisconsin - karena tenggat waktu yang terlewat - dan Virginia, di mana kampanyenya dituduh curang mendapatkan pemilih. 

Beberapa dana kampanye juga telah dialihkan ke firma hukum di negara bagian yang menjadi arena perebutan suara seperti Wisconsin dan Arizona untuk mengajukan banding atas putusan yang telah memblokir kampanye akbar agar tidak muncul di surat suara presiden masing-masing.

Lebih dari 95.000 dolar digunakan untuk biaya perjalanan - termasuk jet pribadi untuk Kanye West - dan 25.000 dolar dibayarkan kepada "penasihat spiritual" yang dilaporkan West. 

Baca juga: Kanye West Minta Maaf kepada Kim Kardashian Usai Mengamuk di Twitter dan Menudingnya Selingkuh

Pengajuan FEC menunjukkan bahwa kampanye akbar sejauh ini telah mengakumulasi utang sebesar 8 juta dolar. 

Pada hari Jumat, kampanye West diajukan untuk tampil di pemungutan suara presiden di Kentucky.

Sementara, permohonannya masih dalam peninjauan, Sekretaris Negara bagian dan kepala pejabat pemilihan umum Michael Adams menyarankan agar Kanye West mengesahkan kampanye akbar untuk mengikuti pemungutan suara pada Hari Pemilihan.  

Baca juga: Sebut Kanye West Bipolar, Kim Kardashian Minta Empati dan Belas Kasih Publik

Keputusan tentang pemungutan suara ambang batas pencalonan presiden di Mississippi juga sedang menunggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com