Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Para Selebritas Dunia Berdonasi Tangani Kebakaran Hutan Australia

Kompas.com - 09/01/2020, 09:52 WIB
Andika Aditia,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

JAKARTA,  KOMPAS.com - Kebakaran hutan yang melanda tiga negara bagian di Australia dilaporkan menewaskan 24 orang, dengan lebih dari 2.000 rumah hancur.

Musibah ini menarik simpati dari banyak pihak, termasuk artis internasional.

Mereka sukarela mendonasikan uang agar Negeri Kanguru itu bisa segera pulih.

Baca juga: Titik Api dan Asap Kebakaran Hutan Australia Terlihat hingga Luar Angkasa

Berikut Kompas.com merangkum publik figur yang berdonasi untuk bencana kebakaran hutan Australia

Metallica

Legenda heavy rock, Metallica, mengirimkan lebih dari sekadar doa kepada mereka yang berjuang menghadapi darurat kebakaran hutan di Australia.

Para rocker Bay Area menyumbangkan uang senilai 750.000 dollar Amerika atau Rp 10,4 miliar kepada NSW Rural Fire Service dan kepada Country Fire Authority di Victoria untuk mendukung upaya penanggulangan bencana.

"Kami benar-benar kewalahan oleh berita tentang kebakaran hutan yang menyapu jutaan hektar di seluruh Australia, dengan dampak besar di New South Wales dan Victoria," demikian bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh band tersebut.

Baca juga: Kebakaran Australia, 1 Miliar Hewan Diperkirakan Mati Dilumat Api

Industri musik Australia dan para seniman serta organisasi di seluruh dunia bahu-membahu mengirimkan donasi atau bantuan ke Australia.

Mereka membantu petugas pemadam kebakaran dan mereka yang berisiko kehilangan segalanya karena kebakaran hutan, yang telah menghanguskan lebih dari 12 juta hektar tanah di sana.

Setidaknya 24 orang kehilangan nyawa karena kebakaran tersebut dan sejumlah pertunjukan musik telah dibatalkan karena kondisi berbahaya, termasuk konser Cold Chisel dan Lorne leg of Falls Festival.

Baca juga: Metallica Donasi Rp 10,4 Miliar untuk Tangani Kebakaran Hutan di Australia

Chris Hemsworth

Aktor asal Australia Chris Hemsworth yang populer sebagai Thor, sang Dewa Petir dalam film-film Marvel, berswafoto dengan penggemarnya saat meet and greet di kawasan Nusa Dua, Bali, Senin (27/5/2019). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian promo film Men in Black: International yang rencananya akan dirilis pada bulan Juni mendatang.ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF Aktor asal Australia Chris Hemsworth yang populer sebagai Thor, sang Dewa Petir dalam film-film Marvel, berswafoto dengan penggemarnya saat meet and greet di kawasan Nusa Dua, Bali, Senin (27/5/2019). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian promo film Men in Black: International yang rencananya akan dirilis pada bulan Juni mendatang.
Bintang film Thor, Chris Hemsworth menambah daftar selebriti dunia yang menggalang dana untuk mengatasi kebakaran hutan di Australia.

Melalui akun Instagram-nya, pada 6 Januari 2020, Hemsworth mengunggah video bahwa ia berjanji bakal mendonasikan satu juta dollar Amerika atau setara dengan Rp 13,9 miliar.

“Seperti diketahui, kebakaran semak di Australia telah membuat kerusakan besar dan mereka terus terbakar. Akan ada cuaca yang lebih hangat dan kita tetap di sini,” kata Hemsworth.

Baca juga: Usai Dikritik, Kylie Jenner Sumbang Rp 13,9 Miliar Atasi Kebakaran Hutan di Australia

Oleh karena itu, Hemsworth mengajak pengikutnya di Instagram dan penggemarnya untuk menyisihkan sedikit penghasilannya untuk mengatasi kebakaran hutan di Australia.

Menurutnya, setiap dollar Amerika yang terkumpul akan sangat membantu para pemadam yang berada di garda depan dan para korban, manusia atau pun binatang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com