Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kombinasi Warna yang Memberikan Kesan Mewah pada Ruangan

Kompas.com - 22/04/2024, 20:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna menjadi hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang saat mendekorasi rumah. Sebab, setiap jenis warna akan memberikan kesan tersendiri di dalam ruangan. 

Ada beberapa kombinasi warna yang bisa membuat ruangan terasa lebih merah dan kaya. Kombinasi warna merah sangat bervariasi, mulai dari warna netral yang hangat, warna tanah, hingga warna permata. 

Dilansir dari Homes and Gardens, Senin (22/4/2024), berikut beberapa kombinasi warna yang memberikan kesan mewah pada ruangan. 

Baca juga: 6 Kombinasi Warna untuk Ruang Tamu Agar Terlihat Modern

Emas dan hijau

Dekorasi ruangan dengan warna hijau zamrudShutterstock/Ground Picture Dekorasi ruangan dengan warna hijau zamrud

Nuansa hijau banyak mendominasi tren desain interior dalam beberapa tahun terakhir. Warna ini bisa membuat ruangan terlihat lebih mewah apabila dipadukan dengan warna emas. 

Matthew Williamson seorang desainer interior mengatakan bahwa nuansa hijau menawarkan pondasi yang tepat untuk skema warna merah. 

Warna hijau zamrud akan terasa semakin lengkap apabila dipadukan dengan warna emas. Aksen emas yang berkilau membuat suasana ruangan terasa lebih mewah, anggun, dan harmonis. 

Kombinasi warna hijau dan emas bisa diterapkan di kamar tidur. Misalnya dengan memasang cermin emas di dinding berwarna hijau. 

Baca juga: Ide Dekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Berwarna Hijau Zamrud

Skema warna monokrom dengan finishing campuran

Meskipun ini bukan kombinasi warna, namun menggunakan lapisan cat dengan finishing berbeda dalam satu ruangan yang sama bisa menciptakan kesan mewah pada ruangan tersebut. 

Cara ini akan membuat ruangan terlihat dramatis, namun tetap elegan. Pertimbangkan untuk menggunakan finishing yang berkilau agar tampilan mewah pada ruangan semakin terlihat. 

Warna permata

Menggabungkan dua atau tiga waena permata akan membuat tampilan ruangan terlihat mewah. Kathy Kuo, CEO Kathy Kuo Home, mengatakan bahwa warna permata seperti zamrud, merah anggur, dan safir bisa menciptakan tampilan yang sangat mewah. 

Namun, Kathy mengingatkan untuk tidak berlebihan dalam memadukan banyak warna permata gelap secara bersamaan. Pilihlah dua warna permata, lalu kombinasikan dengan warna netral yang hangat untuk menambah kontras pada ruangan. 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Rumah dengan Warna Burgundy, Cantik dan Mewah

Cokelat dan warna netral

Selanjutnya, kombinasi warna yang memberikan kesan mewah pada ruangan yaitu warna cokelat dan warna netral. Warna cokelat bisa menghadirkan kesan mewah sekaligus menciptakan suasana yang menyenangkan. 

Namun, sebaiknya jangan padukan warna cokelat dengan putih cerah. Lebih baik kombinasikan warna cokelat dengan batu alam, putih hangat, atau abu-abu hangat untuk memberikan kesan mewah dan hangat. 

Biru navy dan kuningan

Ilustrasi kamar tidur dengan dinding warna biru tua atau biru navySHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi kamar tidur dengan dinding warna biru tua atau biru navy

Salah satu cara untuk menghadirkan kesan mewah di dapur yaitu dengan menggunakan warna biru navy dan menambahkan aksen kuningan. 

Misalnya, mengecat dinding dengan warna biru tua atau biru navy, lalu menggunakan dekorasi dari kuningan. 

Baca juga: Warna yang Cocok untuk Kamar Mandi, Hijau hingga Biru Tua

Hitam dan cokelat

Terakhir, kombinasi warna yang memberikan kesan mewah pada ruangan yaitu warna hitam dan cokelat. 

Dua warna ini bisa digunakan pada rumah kontemporer maupun tradisional. Padukan warna cokelat dan hitam yang lebih dalam untuk menciptakan interior yang menawan dan canggih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com