Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membuat Rumah Lebih Nyaman untuk Ditempati

Kompas.com - 14/02/2024, 20:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah yang nyaman merupakan impian semua orang. Untuk membuat rumah terasa nyaman sebenarnya tidak sulit.

Namun, ada banyak hal yang perlu diperhatikan jika ingin memiliki rumah yang nyaman. Misalnya, memilih pencahayaan yang tepat, menghadirkan tekstur yang lembut, meletakkan pengharum ruangan yang segar, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Rumah Lebih Nyaman Saat Musim Hujan

Para desainer memberikan beberapa tips membuat rumah lebih nyaman. Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (14/2/2024), berikut beberapa cara membuat rumah lebih nyaman untuk ditempati, menurut para ahli.

Merapikan rumah sebelum mendekorasinya

Ilustrasi decluttering, merapikan barang di rumah. SHUTTERSTOCK/SEVENTYFOUR Ilustrasi decluttering, merapikan barang di rumah.

Salah satu cara membuat rumah terasa nyaman yaitu dengan merapikan rumah. Cinzia Moretti, direktur kreatif di Moretti Interior Design, mengatakan bahwa hal pertama yang perlu dilakukan agar rumah terasa nyaman yaitu merapikan ruangan.

Barang-barang yang sudah tidak digunakan sebaiknya disingkirkan agar rumah terlihat lebih rapi dan menenangkan.

Baca juga: 4 Tugas Merapikan Rumah yang Dapat Dilakukan pada Akhir Pekan

Pilih warna yang menenangkan

Warna sangat mempengaruhi suasana di dalam rumah. Maka dari itu cara membuat rumah lebih nyaman berikutnya yaitu memilih warna yang menenangkan.

Cinzia Moretti menyarankan untuk menggunakan warna monokrom dengan tekstur netral agar suasana terasa lebih tenang.

Warna netral juga bisa dipilih untuk menciptakan suasana santai. Namun, agar tampilan ruangan tidak membosankan, tampilkan tekstur pada dekorasi ruangan.

Selain warna netral, warna cerah yang lembut seperti merah muda pucat, lavender, dan biru tenang juga bisa dipilih untuk menghadirkan suasana nyaman dan santai di dalam rumah.

Baca juga: 5 Cara Membuat Skema Warna Monokrom Menurut Ahli

Gunakan pengharum ruangan

Selain menggunakan warna yang tenang, pengharum ruangan juga bisa menghadirkan suasana tenang dan santai di dalam rumah.

Kathy Kuo, CEO Kathy Kuo home mengatakan aroma yang harum akan membuat rumah lebih tenang dan nyaman.

Aroma lavender, kayu cendana, maupun teh bisa dipilih sebagai pengharum ruangan agar rumah terasa santai dan nyaman seperti di spa.

Memilih pencahayaan yang tepat

Sheena Murphy, pendiri Nune mengatakan pencahayaan sangat penting untuk menciptakan rumah yang serbaguna dan menenangkan.

Cobalah untuk membiarkan cahaya alami masuk ke dalam rumah. Cahaya alami tak hanya membuat rumah lebih terang, namun juga baik untuk kesehatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com