Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspirasi Warna Cat untuk Kamar Anak, Bikin Suasana Lebih Ceria

Kompas.com - 31/01/2024, 13:57 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mendekorasi kamar anak yaitu warna cat yang digunakan. Sebab, warna cat akan mempengaruhi suasana di dalam ruangan.

Kamar anak biasanya dihias dengan warna-warna cerah untuk memberikan kesan ceria, cerah, dan menarik. Namun, warna cat bisa juga disesuaikan dengan keinginan atau kepribadian anak.

Baca juga: 6 Pilihan Warna Cat untuk Kamar Anak Perempuan

Dilansir dari House Beautiful, Rabu (31/2/024), berikut inspirasi warna cat untuk kamar anak yang membuat suasana lebih ceria dan nyaman.

Merah muda

Ilustrasi kamar tidur anak, dekorasi dinding kamar tidur anak.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur anak, dekorasi dinding kamar tidur anak.

Merah muda atau pink menjadi warna favorit yang sering ditampilkan di dalam kamar anak. Pink banyak digunakan pada kamar anak perempuan karena pink memberikan kesan feminin dan manis.

Dinding berwarna merah muda lembut semakin cantik apabila dipadukan dengan material kayu, seperti sandaran kepala berlapis kayu.

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruangan dengan Warna Pink

Ungu

Warna cat untuk kamar anak lainnya yaitu ungu. Dinding berwarna ungu membuat ruangan terlihat cantik dan nyaman.

Sama seperti warna merah muda, warna ungu juga sering digunakan untuk menghias kamar anak perempuan.

Dinding ungu lembut cocok dipadukan dengan hiasan berwarna hijau mint yang membuat suasana kamar terasa lebih kaya dan nyaman.

Hijau cerah

Warna hijau cerah juga bisa digunakan sebagai warna cat untuk kamar anak. Warna hijau cerah cocok dipadukan dengan warna biru, merah, abu-abu, hitam, dan warna kayu.

Warna hijau membuat kamar terasa lebih tenang dan alami. Tambahkan dekorasi seperti mainan anak, buku, dan tanaman hias agar kamar anak semakin nyaman.

Baca juga: 8 Ide Mendekorasi Kamar Tidur dengan Warna Hijau Tua

Abu-abu

Jika ingin menggunakan warna netral di kamar anak, maka salah satu warna yang bisa dipilih yaitu abu-abu. Warna ini bisa digunakan untuk kamar anak laki-laki karena memberikan kesan maskulin dan elegan.

Warna abu-abu cocok dikombinasikan dengan ornamen dekorasi bertekstur dan warna hangat seperti kuning mustard atau cokelat.

Putih pucat

Ilustrasi kamar tidur anak berwarna putihSHUTTERSTOCK/PROCREATORS Ilustrasi kamar tidur anak berwarna putih

Selain abu-abu, warna putih juga termasuk warna netral yang bisa digunakan untuk menghias kamar anak. Warna putih pucat dengan sedikit rona abu-abu membuat kamar terasa cerah dan lapang.

Warna ini bisa digunakan pada kamar tidur anak laki-laki maupun perempuan. Sebagai warna netral, putih dapat dikombinasikan dengan warna apapun.

Baca juga: 7 Tips Mendekorasi Ruangan dengan Warna Putih

Kuning muda

Jika ingin membuat kamar anak terasa terang dan ceria, maka salah satu warna yang bisa dipilih yaitu kuning muda. Warna kuning muda membuat kamar terasa meriah, namun tidak berlebihan.

Warna kuning muda bisa dipadukan dengan warna netral seperti putih atau krem untuk memberikan sentuhan lembut dan manis di dalam ruangan.

Nah, itulah beberapa inspirasi warna cat untuk kamar anak. Memilih warna yang tepat membuat kamar anak terasa nyaman dan menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com