Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup 4 Langkah, Begini Cara Mencuci Tempat Tidur Anjing

Kompas.com - 10/01/2024, 20:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat tidur yang nyaman tak hanya berlaku bagi manusia saja. Hewan peliharaan seperti anjing juga menyukai tempat tidur yang nyaman.

Sama seperti tempat tidur manusia, tempat tidur anjing juga perlu rutin dibersihkan agar tetap nyaman saat ditempati. Idealnya, tempat tidur anjing dicuci setiap dua minggu sekali.

Namun, jika anjing peliharaan di rumah sangat aktif dan sering bermain di luar ruangan, maka tempat tidurnya harus lebih sering dicuci.

Baca juga: Cara Mencuci Tempat Tidur Anjing Peliharaan

Tapi tak perlu risau, karena ternyata mencuci tempat tidur anjing tidak sulit. Bahkan, hanya butuh empat langkah untuk membuat tempat tidur anjing kembali kinclong dan harum.

Dikutip dari The Spruce, Rabu (10/1/2024), berikut cara mencuci tempat tidur anjing dengan mudah dan cepat.

Bahan dan alat yang diperlukan

ilustrasi kasur anjing, tempat tidur anjingShutterstock/Africa Studio ilustrasi kasur anjing, tempat tidur anjing

  • Detergen berbahan enzim tanpa pewangi atau pewarna
  • Soda kue
  • Mesin cuci tanpa pengaduk di bagian tengahnya
  • Pengering pakaian, rak pengering, atau tali jemuran
  • Sikat scrub berbulu lembut
  • Bola pengering wol

Baca juga: Tips Memilih Tempat Tidur Kucing yang Nyaman

Melepaskan penutupnya

Biasanya, tempat tidur anjing memiliki lapisan penutup. Sebelum dicuci, lapisan tersebut perlu dilepaskan terlebih dahulu. Namun jika tidak bisa dilepas, maka kasur anjing bisa langsung dicuci.

Sementara itu, tempat tidur anjing yang berisi serat poliester atau busa bisa dicuci di dalam mesin cuci bukan atas tanpa pengaduk tengah atau mesin cuci bukaan depan. Sedangkan untuk tempat tidur busa padat harus dicuci dengan tangan.

Membersihkan noda yang membandel

Jika terdapat noda yang menempel di tempat tidur anjing, maka bersihkan terlebih dahulu noda tersebut. Gunakan sedikit detergen berbahan enzim untuk menghilangkan noda tersebut.

Oleskan detergen tersebut ke noda dan sikat menggunakan sikat berbulu halus. Biarkan detergen bekerja untuk menghilangkan noda setidaknya selama 15 menit sebelum seluruh kasur dicuci.

Baca juga: Cara Membersihkan Kandang Anjing Pakai Sabun Cuci Piring

Cuci tempat tidur anjing di mesin cuci

Ilustrasi tempat tidur anjing peliharaan. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi tempat tidur anjing peliharaan.

Setelah noda terangkat, masukkan tempat tidur anjing ke dalam mesin cuci. Lalu, tambahkan air dingin atau hangat, kemudian pilih siklus pencucian lembut.

Siklus halus memiliki putaran yang lebih lambat. Tambahkan detergen tanpa pewangi dan pewarna. Untuk menetralkan bau, tambahkan soda kue ke dalam air cucian. Lakukan proses pencucian sampai tempat tidur anjing kembali bersih.

Mengeringkan tempat tidur anjing

Langkah terakhir yang perlu dilakukan yaitu mengeringkan tempat tidur anjing yang sudah dicuci. Peras sisa air sampai tidak ada air yang menetes.

Baca juga: Cara Membersihkan Kandang Hewan Peliharaan, Bisa Pakai Karbol

Selanjutnya, masukkan tempat tidur anjing ke dalam mesin pengering dan tambahkan bola pengering wol. Atur mesin pengering dengan suhu rendah.

Hentikan mesin pengering sesering mungkin untuk menepuk-nepuk tempat tidur dengan tangan. Letakkan tempat tidur anjing di rak pengering atau di atas tali jemuran sampai kering sempurna.

Pengeringan menggunakan udara memerlukan waktu kurang lebih 24 jam atau lebih tergantung pada ukuran dan ketebalan tempat tidur anjing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com