Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Cermin Dengan Benar Agar Tidak Tergores

Kompas.com - 16/12/2023, 17:03 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home


JAKARTA, KOMPAS.comCermin menjadi salah satu aksesori rumah yang membuat hunian terlihat berbeda. Cermin bisa membuat rumah terasa lebih luas dan terang.

Selain membuat tampilan rumah lebih menarik, cermin juga bisa dimanfaatkan untuk berhias. Maka dari itu, cermin sering ditemukan di kamar, kamar mandi, maupun area lain yang sering digunakan untuk berhias.

Baca juga: 4 Langkah Membersihkan Cermin agar Kembali Berkilau

Sama halnya dengan dekorasi rumah lainnya, cermin juga perlu rutin dibersihkan agar tetap kinclong. Namun, membersihkan cermin perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak tergores.

Dikutip dari Ideal Home, Sabtu (16/12/2023), berikut cara membersihkan cermin dengan benar agar tidak tergores dan tetap berkilau.

Bahan dan alat diperlukan

ilustrasi membersihkan cerminShutterstock/goffkein.pro ilustrasi membersihkan cermin

  • Kain mikrofiber
  • Cuka putih
  • Air
  • Koran
  • Sikat gigi atau cotton bud
  • Jus lemon (opsional)

Baca juga: Cara Membersihkan Cermin Kamar Mandi Pakai Krim Cukur, Bebas Embun

Ketahui kotoran yang menempel pada cermin

Sebelum mulai membersihkan cermin, ketahui terlebih dahulu jenis kotoran yang menempel pada cermin tersebut. Sebab, setiap kotoran memerlukan bahan pembersihan yang berbeda.

Memilih bahan pembersih yang tepat

Setelah mengetahui jenis kotoran yang menempel pada cermin, langkah selanjutnya yaitu memilih produk pembersih yang tepat.

Salah satu bahan pembersih yang bisa membuat cermin kembali berkilau yaitu cuka. Bahan dapur ini diketahui bisa menghilangkan kerak kapur atau endapan kalsium di cermin dengan mudah.

Selain cuka, bahan lain yang juga bisa digunakan untuk membersihkan cermin yaitu alkohol, jus lemon, dan air hangat.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Membersihkan Cermin

Membersihkan cermin

Jika cermin tidak terlalu kotor, cukup bersihkan dengan air hangat. Lalu, gosok menggunakan kain mikrofiber kering dengan gerakan memutar dan rata untuk menghilangkan noda.

Air hangat cukup untuk membersihkan permukaan cermin dan bisa membuat cermin kembali kinclong dalam waktu yang cepat.

Cara membersihkan cermin lainnya agar tidak tergores yaitu dengan menggunakan koran. Gunakan selembar koran untuk memoles cermin agar hasilnya berkilau dan bebas goresan.

Sementara itu, jika cermin memiliki kerak kapur, maka perlu bahan pembersih lain untuk membuat cermin kembali bersih. Salah satu bahan yang bisa digunakan yaitu cuka.

Cuka putih bisa memecah timbunan kapur secara alami. Caranya cukup dengan mencampurkan cuka dengan air hangat, kemudian oleskan ke cermin.

Jika kerak kapur tidak hilang, maka bisa menambahkan jus lemon ke dalam larutan cuka dan air untuk menambah kekuatan pembersih. Gunakan cotton bud atau sikat gigi untuk membersihkan noda yang tertinggal.

Baca juga: Cara Membersihkan Cermin Kamar Mandi dengan Cuka

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com