Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membersihkan Cermin Antik agar Tampak Seperti Baru

Kompas.com - 20/08/2021, 09:11 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com--Cermin tua dan antik bisa menambah sentuhan klasik ke tatanan desain interior hunianmu. Namun seringkali, jika sudah terlalu lama, cermin akan tampak kotor dan sulit dibersihkan dengan teknik biasa.

Untungnya cermin tua dan antik ini sebenarnya masih bisa dibersihkan. Berikut adalah tips membersihkan cermin lawas tanpa harus merusaknya seperti dilansir dari Home Viable, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Kesalahan Meletakkan Cermin yang Membuat Kamar Mandi Tampak Kecil

  • Campurkan satu bagian alkohol gosok dengan dua bagian air.
  • Celupkan kain mikrofiber atau kain bebas serat lainnya ke dalam air dan larutan alkohol.
  • Peras kain agar tidak menetes.
  • Gosok kaca depan cermin lama hingga nodanya hilang.
  • Keringkan cermin dengan kain lain jika perlu.
  • Jika kamu tidak memiliki alkohol gosok, cuka dan air (dengan perbandingan 1-2 yang sama) akan bekerja dengan cara yang sama tetapi dapat meninggalkan bau cuka.
  • Jangan gunakan pembersih abrasif untuk membersihkan cermin lama. Karena bisa membuat goresan kecil pada permukaan kaca.
  • Jangan gunakan koran untuk membersihkan cermin. Ini adalah trik lama untuk menghindari goresan, tetapi surat kabar modern menggunakan tinta nabati yang dapat luntur dan justru malah akan meninggalkan garis-garis hitam pada bingkai.
  • Menggunakan sarung tangan saat membersihkan memungkinkanmu untuk memegang bingkai, atau bahkan memberi tekanan pada kaca. Hal ini bisa membuat sidik jarimu tertinggal di permukaan kaca. Dengan menggunakan sarung tangan, hal ini bisa diminimalisir.
  • Hindari penggunaan cairanpembersih kaca biasa untuk membersihkan bingkai. Jika kamu bersikeras menggunakan salah satu pembersih yang biasanya berbahan dasar amonia, pastikan untuk menyemprotkannya pada kain pembersih alih-alih pada cermin lamamu. Karena, sebagian besar produk pembersih komersial akan merusak bingkai lama saat bersentuhan.

Baca juga: Tips Memilih Meja Rias yang Ideal

Hilangkan debu secara teratur

Untuk menghilangkan penumpukan partikel debu yang lebih agresif, bersihkan bingkai dengan sikat berbulu halus yang kering. Baik nilon atau alami baik-baik saja selama bulunya tidak terlalu kaku. Kuas cat yang tidak digunakan (atau dibersihkan dengan sangat baik) juga bisa kamu gunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com