Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Barang Rumah Tangga yang Tidak Perlu Dibeli dengan Harga Mahal

Kompas.com - 10/11/2023, 08:49 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak bisa dipungkiri bahwa mendekorasi rumah bisa menghabiskan biaya yang mahal. Untungnya, Anda tidak perlu membuang banyak uang untuk setiap barang yang dibeli.

Faktanya, ada beberapa barang di rumah yang tidak perlu Anda beli, bahkan dengan harga mahal, menurut para ahli desainer interior. 

Baca juga: Cara Membersihkan Karpet Kulit Sapi dengan Benar

Beberapa barang rumah tangga tertentu, termasuk perabot yang harus disimpan selamanya dan tahan terhadap banyak keausan, layak diberi label harga mahal, sementara yang lainnya tidak.

Jadi, barang rumah tangga apa saja yang tidak perlu dibeli  mahal untuk menghemat anggaran? 

Dilansir dari The Spruce, Jumat (10/11/2023), sejumlah desainer interior membagikan sejumlah barang rumah tangga yang tidak perlu dibeli dengan harga mahal

Penanam dan vas

Ilustrasi vas bunga kaca. PIXABAY/STEFAN SCHWEIHOFER Ilustrasi vas bunga kaca.
Pencinta tanaman, bergembiralah. David Quarles, desainer interior, perancang perhiasan, dan pembuat konten yang berbasis di Memphis, Amerika Serikat, mengatakan berhenti menghabiskan banyak uang untuk membeli alat menanam tanaman dan vas bunga. 

"Saya menyukai tanaman karena membawa kehidupan nyata pada setiap ruang yang dirancang. Namun, tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan tampilan tanaman yang terawat baik," kata Quarles. 

Sebagai gantinya, Quarles merekomendasikan membeli pekebun, pot, dan vas dengan harga terjangkau sehingga koleksi tanaman memiliki tampilan yang terkurasi baik dan tidak akan merusak anggaran Anda. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Muntah dan Bau dari Karpet

Seni

Selanjutnya, barang rumah tangga yang tidak perlu dibeli dengan harga mahal adalah karya seni. Anda tidak perlu pergi ke galeri untuk mendapatkan karya seni yang mengagumkan untuk rumah. 

Bethany Adams, desainer interior bersertifikat dari Kentucky Board of Architecture, menyarankan membeli karya-karya vintage di pelelangan dengan harga jauh lebih murah daripada yang ditemukan di galeri atau toko cetak. 

Karya-karya tersebut biasanya juga sudah dibingkai, yang lebih ramah di kantong karena membingkai bisa sangat mahal. 

Baca juga: 4 Warna Karpet yang Harus Dihindari di Rumah

Perangkat keras

Ilustrasi lemari dapur.Shutterstock/Serghei Starus Ilustrasi lemari dapur.
Secara individual, beberapa tuas laci atau gagang kabinet tidak tampak seperti investasi besar. Sampai Anda menghitungnya untuk seluruh ruangan atau rumah yang penuh dengan benda-benda tersebut.

"Perangkat keras dapat dilihat sebagai perhiasan dapur dan kamar mandi," kata Quarles.

Perangkat keras ini hadir dalam berbagai gaya desain dan aplikasi serta menambahkan begitu banyak kepribadian berlapis pada lemari.

Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan uang setingkat berlian untuk perangkat keras. Ini menjadi barang rumah tangga yang tidak perlu dibeli dengan harga mahal. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com