Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Barang Rumah Tangga yang Tidak Perlu Dibeli dengan Harga Mahal

Faktanya, ada beberapa barang di rumah yang tidak perlu Anda beli, bahkan dengan harga mahal, menurut para ahli desainer interior. 

Beberapa barang rumah tangga tertentu, termasuk perabot yang harus disimpan selamanya dan tahan terhadap banyak keausan, layak diberi label harga mahal, sementara yang lainnya tidak.

Jadi, barang rumah tangga apa saja yang tidak perlu dibeli  mahal untuk menghemat anggaran? 

Dilansir dari The Spruce, Jumat (10/11/2023), sejumlah desainer interior membagikan sejumlah barang rumah tangga yang tidak perlu dibeli dengan harga mahal. 

"Saya menyukai tanaman karena membawa kehidupan nyata pada setiap ruang yang dirancang. Namun, tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan tampilan tanaman yang terawat baik," kata Quarles. 

Sebagai gantinya, Quarles merekomendasikan membeli pekebun, pot, dan vas dengan harga terjangkau sehingga koleksi tanaman memiliki tampilan yang terkurasi baik dan tidak akan merusak anggaran Anda. 

Seni

Selanjutnya, barang rumah tangga yang tidak perlu dibeli dengan harga mahal adalah karya seni. Anda tidak perlu pergi ke galeri untuk mendapatkan karya seni yang mengagumkan untuk rumah. 

Bethany Adams, desainer interior bersertifikat dari Kentucky Board of Architecture, menyarankan membeli karya-karya vintage di pelelangan dengan harga jauh lebih murah daripada yang ditemukan di galeri atau toko cetak. 

Karya-karya tersebut biasanya juga sudah dibingkai, yang lebih ramah di kantong karena membingkai bisa sangat mahal. 

"Perangkat keras dapat dilihat sebagai perhiasan dapur dan kamar mandi," kata Quarles.

Perangkat keras ini hadir dalam berbagai gaya desain dan aplikasi serta menambahkan begitu banyak kepribadian berlapis pada lemari.

Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan uang setingkat berlian untuk perangkat keras. Ini menjadi barang rumah tangga yang tidak perlu dibeli dengan harga mahal. 

Kunjungi beberapa peritel favorit Anda, seperti Anthropologie, Amazon, dan CB2, untuk pilihan harga yang terjangkau dan cantik, atau jelajahi Etsy untuk mencari perangkat keras vintage atau buatan tangan yang unik. 

Kamar tidur anak

Adams mengatakan, dalam hal mendekorasi kamar tidur bayi atau anak, Anda tidak hanya bisa menghemat satu per satu dekorasi, tapi juga bisa mengambil rute hemat untuk seluruh ruangan. 

"Kamar anak-anak pasti akan berubah setiap beberapa tahun. Anda dan si kecil tidak perlu merasa terkungkung oleh pilihan yang Anda buat saat berada di tahap kehidupan yang sangat berbeda," ucapnya. 

Jadi, tidak perlu mengisinya dengan barang yang berlebihan atau harga mahal. 

Meski gorden dan tirai praktis dan cantik, Anda bisa menghemat anggaran dengan tidak membeli gorden khusus serta membeli dari peritel dengan harga terjangkau, terutama untuk ruang-ruang sekunder yang tidak sering Anda gunakan, seperti kamar tidur tamu, kamar tidur anak, dan ruang bermain.

Adams setuju bahwa tidak ada yang bisa menggantikan gorden custom yang mewah, tapi ada kalanya, seperti di kamar tidur anak atau bayi, itu tidak sebanding dengan biayanya.

"Banyak peritel, seperti CB2, West Elm, atau RH, menjual gorden 'off-the-rack' yang indah, tapi jauh lebih murah daripada gorden khusus," imbuh Adams. 

Karpet berlapis

Terakhir, barang rumah tangga yang tidak perlu dibeli dengan harga mahal adalah karpet berlapis. 

"Kunci dari tampilan yang mahal adalah karpet, tapi bukan berarti lapisannya harus mahal," ucap Adams.

Sebagai contoh, karpet adalah barang rumah tangga yang terkenal mahal, tapi penting dan membutuhkan kerja keras.

Adams menghemat biaya membeli karpet dengan memesannya dari toko-toko yang terjangkau, seperti IKEA, dan melapisi karpet  yang lebih mahal di atasnya.

"Karena sisal berada di bawah karpet yang lebih bagus dan semua perabotan Anda, maka tidak ada gunanya mengeluarkan biaya ekstra untuk berinvestasi dalam versi yang lebih mewah," katanya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/10/084900076/6-barang-rumah-tangga-yang-tidak-perlu-dibeli-dengan-harga-mahal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke