Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memanfaatkan Ruangan Sempit dengan Maksimal

Kompas.com - 18/10/2023, 19:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comRuangan sempit harus ditata dengan optimal agar tetap fungsional. Selain itu, penataan ruangan yang baik akan membuat ruangan sempit tetap terasa luas dan terang.

Cara terbaik untuk menata rumah yaitu dengan mengetahui fungsi setiap ruangan. Langkah ini akan membuat Anda bisa memanfaatkan ruangan sempit dengan maksimal.

Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (18/10/2023), berikut ini cara memanfaatkan ruangan sempit dengan maksimal.

Memanfaatkan sudut yang tidak terpakai

Biasanya kita mengabaikan sudut ruangan karena dianggap kurang menarik. Padahal area ini bisa dimanfaatkan untuk meletakkan furnitur seperti meja sudut.

Baca juga: Jangan Lakukan 9 Kesalahan Ini Saat Mendekorasi Ruangan Sempit

Ilustrasi kamar anak di ruangan sempitSHUTTERSTOCK/SCOTT-LEE Ilustrasi kamar anak di ruangan sempit

Meja tersebut bisa digunakan untuk tempat minum kopi atau tempat meletakkan buku dan ornamen dekorasi lainnya. Tiffany Duggan pendiri Studio Duggan mengatakan bahwa pada area sudut ruangan bisa ditambahkan lampu gantung agar lebih cantik dan menarik.

Manfaatkan untuk kamar anak

Apabila memiliki ruangan sempit di rumah, maka Anda bisa menggunakan ruangan tersebut sebagai kamar anak. Area ini dipilih karena anak-anak tidak membutuhkan kamar yang luas.

Biasanya, furnitur seperti lemari dan tempat tidur yang digunakan untuk anak juga tidak terlalu besar. Barang-barang yang disimpan di dalam kamar anak pun tidak terlalu banyak, sehingga masih bisa menggunakan ruangan sempit sebagai kamar anak.

Baca juga: 4 Tips Menata Kamar Anak agar Selalu Rapi dan Bersih

Meskipun sempit, kamar anak harus tetap didesain dengan cantik. Anda bisa mengecat kamar anak dengan cat berwarna cerah dan lembut, sehingga membuat anak nyaman saat berada di kamarnya.

Letakkan meja dan kursi minimalis

Sudut ruangan yang sempit tetap bisa dimanfaatkan dengan cara meletakkan meja dan kursi minimalis. Meja dan kursi tersebut bisa digunakan sebagai meja rias, tempat kerja, atau tempat belajar.

Anda bisa memilih meja dan kursi yang terbuat dari kayu. Dengan warna sederhana dan desain minimalis akan membuat ruangan lebih fungsional dan tetap cantik.

Letakkan lemari dengan cermin tinggi

Cara memanfaatkan ruangan sempit lainnya yaitu meletakkan lemari dengan cermin tinggi. Cermin akan membuat ruangan lebih luas dan terang.

Baca juga: 7 Kesalahan Menata Lemari Penyimpanan yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Ilustrasi ruang penyimpanan di bawah tangga.Shutterstock/GaevoyB Ilustrasi ruang penyimpanan di bawah tangga.

Selain itu, lemari kaca juga bisa memberikan sentuhan lembut. Anda bisa memilih lemari yang warnanya senada dengan konsep ruangan agar terlihat lebih estetik.

Buat ruang penyimpanan di bawah tangga

Pada rumah lantai dua, biasanya area bawah tangga kosong. Padahal, area tersebut bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan tambahan.

Anda bisa memasang lemari atau rak kayu di bawah tangga dengan ukuran dan bentuk yang sesuai dengan ukuran dan bentuk tangga. Lemari atau rak tersebut bisa digunakan untuk menyimpan buku atau ornamen dekorasi lainnya.

Baca juga: 7 Cara Mengatur Lemari Penyimpanan di Bawah Tangga

Itulah beberapa cara memanfaatkan ruang sempit dengan maksimal. Cara-cara tersebut akan membuat rumah lebih fungsional dan terasa lebih luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com