Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lestarikan Lingkungan, 40 Sumur Biopori Dipasang di Karawang

Kompas.com - 21/09/2023, 19:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) memeringati Hari Bersih-bersih Sedunia dengan menginisiasi pembangunan sumur biopori di fasilitas produksi di Karawang, Jawa Barat, Kamis (21/9/2023). Inisiasi ini melibatkan puluhan karyawan Sampoerna.

Hasilnya, sekitar 40 sumur biopori berhasil dibangun dalam kegiatan yang berlangsung setengah hari tersebut.

Pembangunan sumur biopori ini sejalan dengan komitmen Sampoerna dalam melestarikan lingkungan. Ini termasuk inisiatif konservasi air di fasilitas produksi, serta pengelolaan air berkelanjutan melalui kerja sama dengan para pemangku kepentingan.

Baca juga: Agar Sisa Makanan Tak Terbuang Percuma, Bikin Kompos dengan Biopori

Lubang biopori dapat dibuat dengan mudah di halaman rumah.SHUTTERSTOCK/ANI FATHUDIN Lubang biopori dapat dibuat dengan mudah di halaman rumah.

Sumur biopori adalah lubang silindris vertikal yang berfungsi meningkatkan luas permukaan tanah yang menyerap air.

Sumur biopori terbukti efektif dalam menyerap air hujan yang dapat mengakumulasi dan menyebabkan genangan air yang mengganggu lingkungan sekitar.

Sumur biopori dibuat dengan membuat liang silinder sedalam 30 cm di tanah yang kemudian diisi dengan pipa PVC yang telah dilubangi pada bagian pinggirnya. Liang bisa diisi dengan limbah organik sehingga bisa sekaligus berfungsi mengelola sampah.

Head of Manufacturing West Sampoerna, I Made Mahendra Wijaya, mengatakan, inisiatif pembuatan sumur biopori hari ini diharapkan dapat menambah titik-titik resapan air di sekitar pabrik dan juga menjadi salah satu inisiatif mengelola sampah organik.

Baca juga: Mengenal Manfaat dan Cara Membuat Biopori di Rumah

Made melanjutkan, inisiatif pembuatan sumur biopori ini melengkapi upaya tata kelola air secara berkelanjutan di Plant Karawang yang selama ini telah tersertifikasi Alliance Water Stewardship.

Pembangunan sumur biopori ini adalah bagian dari kampanye Bijak Mengelola Sampah yang digagas Sampoerna seiring dengan penetapan September 2023 sebagai Bulan Peduli Lingkungan di perusahaan tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com