Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bagian Rumah yang Bisa Dibersihkan dalam Waktu 30 Menit

Kompas.com - 20/09/2023, 19:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Membersihkan rumah merupakan pekerjaan yang perlu dilakukan setiap hari. Akan tetapi, karena alasan kesibukan dan lain sebagainya, aktivitas membersihkan rumah seringkali dilewatkan.

Tidak rutin membersihkan rumah mengakibatkan terjadinya penumpukan noda dan kotoran lain. Maka dari itu, sesibuk apapun aktivitas Anda, sebaiknya sempatkan diri untuk membersihkan rumah walaupun hanya 30 menit.

Marla Mock, presiden Molly Main sebuah perusahaan neighbourly, menyebutkan terdapat beberapa pekerjaan rumah yang bisa dilakukan hanya dalam 30 menit. Dilansir dari Southern Living, Rabu (20/9/2023), berikut ini beberapa bagian rumah yang bisa dibersihkan dalam waktu singkat.

Baca juga: 7 Tugas Membersihkan Rumah yang Dapat Dikerjakan Cepat

Membersihkan noda dengan singkat

Banyak diantara kita yang beranggapan bahwa membersihkan noda di rumah merupakan hal yang sulit dan membutuhkan banyak waktu. Tapi ternyata, ada beberapa noda yang bisa dibersihkan dengan cepat seperti noda pintu, lemari, dan lantai.

Ilustrasi membersihkan rumah.Shutterstock/Krakenimages.com Ilustrasi membersihkan rumah.

Noda yang membandel perlu dibersihkan menggunakan larutan pembersih agar lebih cepat terangkat. Sementara itu, untuk mencegah penumpukan noda sebaiknya lakukan pembersihan setiap hari walaupun hanya 30 menit.

Kumpulkan barang yang tidak digunakan

Barang-barang yang berserakan dan tidak digunakan sebaiknya segera dikumpulkan. Anda bisa menggunakan keranjang kosong dan kumpulkan barang-barang tersebut.

Kemudian, letakkan kembali barang-barang ke tempatnya. Jika sudah tidak digunakan, maka Anda bisa membuang barang-barang tersebut.

Lakukan kegiatan ini setiap hari agar rumah tetap rapi dan bersih, sehingga nyaman saat ditinggali.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Rumah dengan Santai dan tanpa Lelah

Bersihkan kulkas

Bagian rumah yang juga bisa dibersihkan dalam waktu 30 menit yaitu kulkas. Namun, untuk membersihkan kulkas dalam waktu singkat, Anda hanya membersihkan area yang mudah terjangkau.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan waktu 30 menit untuk mengecek kondisi bahan makanan dan minuman yang tersimpan di dalam lemari pendingin. Segera buang makanan yang rusak atau kadaluarsa.

Bersihkan kompor

Area dapur yang hampir selalu digunakan setiap hari yaitu kompor. Maka dari itu, rutinlah untuk membersihkan kompor agar tidak terjadi penumpukan noda.

Anda bisa membersihkan kompor dengan mudah dan cepat. Anda bisa menggunakan larutan cuka untuk mengangkat noda.

Baca juga: Cara Membersihkan Kompor Kaca Tanpa Menggoresnya

Sementara itu, bagian pembakar sebaiknya direndam dalam air sabun agar kotoran terangkat. Bilas dan keringkan sebelum digunakan kembali.

Buang sampah

Sampah rumah tangga yang ada di dalam rumah juga sebaiknya rutin dibuang. Setelah sampah dibuang, taburkan soda kue ke dalam tempat sampah dan tambahkan air hangat.

Diamkan beberapa menit. Lalu gunakan spons atau kain untuk menyeka noda dalam tempat sampah. Terakhir, bilas dengan air bersih dan keringkan.

Ilustrasi membersihkan kaca menggunakan pembersih kacaShutterstock/Freedomz Ilustrasi membersihkan kaca menggunakan pembersih kaca

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com